Sehati untuk OMK

Persiapan IYD 2016
Tak terasa sudah enam jam kami duduk bersama. Berbagai bahasan perkembangan maupun rencana yang akan dibuat menjadi pembicaraan menarik. Sore sampai malam di ruang rapat Keuskupan Manado berlangsung rapat persiapan Indonesian Youth Day (IYD) 2016 (Rabu, 3/06). Rapat sendiri dipimpin oleh Rm. John Montolalu, Pr sebagai ketua umum. Berbagai persiapan makin memperjelas kesiapan Keuskupan Manado sebagai tuan rumah IYD. Setiap panitia terasa ingin mempersembahkan yang terbaik dalam perjumpaan orang muda ini.
Dalam beberapa bulan lagi lomba-lomba akan segera diumumkan pelaksanaannya. Maka teman-teman muda diharapkan rajin melihat informasi-informasi yang akan diberitahukan lewat website maupun Facebook. Kita OMK maka mari kita ikut berpartisipasi dan suarakan semangat Orang muda.
Apa sebenarnya Hari orang Muda Katolik Se-Indonesia itu?
Berikut sedikit penjelasannya:

Jumlah Orang Muda Katolik (OMK) yang meliputi 60% populasi warga Katolik Indonesia menuntut perhatian serius dari Gereja dan pemerintah dari waktu ke waktu. Mereka meliputi para lajang usia 13–35 tahun yang diharapkan berperan makin besar bagi masa depan Gereja dan Bangsa Indonesia. Melihat jumlah sangat besar ini tentunya memberi harapan yang sangat besar pula Gereja dan bangsa.
Satu bentuk perhatian Gereja terhadap OMK adalah penyelenggaraan acara berupa perjumpaan bagi OMK itu sendiri. Dalam perjumpaan tersebut, OMK dikondisikan untuk dapat melakukan sharing iman dan saling meneguhkan. Melalui sharing iman itu, OMK diharapkan dapat memperoleh inspirasi dan keberanian untuk menjalankan ajaran Kristus dalam hidup mereka sehari-hari.
Apa itu IYD
Hari orang muda Se-Indonesia merupakan perjumpaan OMK Se-Indonesia. Di tingkat dunia, perjumpaan OMK dilaksanakan dalam bentuk World Youth Day. Di tingkat regional dilaksanakan Asian Youth Day. Sejumlah keuskupan di Indonesia pun memandang penting perjumpaan OMK itu dan mengadakan acara Diocese Youth Day. Maka berangkat dari refleksi acara WYD dan AYD diadakanlah IYD.
Pertemuan OMK se-Indonesia memiliki arti penting. OMK merupakan kekuatan pendorong (driving force) pada masa sekarang maupun masa datang bagi Gereja dan masyarakat yang memerlukan wawasan nasional. Pertemuan tersebut merupakan peluang untuk membuka perspektif OMK agar menjadi lebih luas daripada lingkup paroki dan keuskupan. Pertemuan itu pun diharapkan mempertebal solidaritas, jejaring dan kesatuan iman katolik bagi OMK seluruh Indonesia.
Apa kekhasan IYD?
Konteks OMK di Indonesia sendiri sudah khas. Maka IYD secara khas mengangkat tema-tema khas Indonesia disesuaikan dengan kebutuhan OMK Indonesia. Beberapa tujuan dari acara ini yakni:
• Kesempatan bagi orang muda katolik untuk berbagi dalam keberagaman.
• Sarana bagi Gereja Katolik untuk menyatakan pesan Kristus kepada orang-orang muda.
• Memberikan kesempatan bagi OMK untuk saling mengenal dan mencintai budaya dan adat istiadat Nusantara.
• Ruang bagi OMK untuk menemukan panggilan di tengah dunia sebagai OMK.
• Menjadi ruang belajar bagi OMK untuk bersama-sama mengalami universalitas dan kemajemukan di dalam Gereja Katolik dan Bangsa Indonesia, serta pembaharuan iman.
• IYD merupakan peluang untuk mencapai mutual understanding¬-pemahaman satu sama lain tentang situasi, kondisi, posisi, peran yang jika disinergikan dapat menjadi kekuatan bersama OMK dan Gereja Katolik Indonesia.

Post Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *