Stan, Arsitek Perancang Amphitheater Venue IYD 2016 Manado

Di sela-sela itu Tim PubDok (Publikasi & Dokumentasi) Panitia IYD 2016 berkesempatan khusus mewawancarai Stan, arsitek yang merancang gedung Amphitheater yang ‘wow’ ini. Stan yang terlihat sibuk menjelaskan detail bangunan hasil rancangannya lewat bantuan miniatur bangunan yang dipamerkan saat itu tidak segan-segan menjawab pertanyan tim. Berikut beberapa petikan wawancara Tim:

amphitheater1

Stan, bisa jelaskan lagi asal inspirasi desain bangunan di depan ini? (Sambil menunjuk miniatur yang dipamerkan di lokasi)

Saya terinspirasi oleh kisah di Injil Yohanes. Saat Yesus mengadakan mujizat pertamanya pada pesta perkawinan di Kana. Waktu itu Bunda Maria melihat tuan pesta kekurangan anggur, kan. Terus ia memohon kepada Yesus untuk membantu mereka. Yesus akhir mau. Yesus bilang kepada pelayan-pelayan itu untuk tuang air ke dalam tempayan-tempayan. Kemudian Yesus menumpangkan tangan di atasnya lalu air itu dicedok lalu dibawa ke tuan pesta dan apa? Air itu sudah menjadi Anggur yang berkualitas. Nah itu asal inspirasi saya. Oh ia, karena desain ini seperti tempayan/bejana maka itu dindingnya juga dibuat dari bahan pembuatan bejana yaitu tanah liat, saya bekerja sama dengan orang di Desa Pulutan (Desa Pulutan berada di Kecamatan Remboken, Kabupaten Minahasa, sekitar 31 km dari Kota Manado atau 5 kilometer dari Danau Tondano, Sulawesi Utara. Daerah yang terkenal dengan pengrajin keramik dan gerabah). Ini dia saya bawah contohnya. (seraya menunjukan kepada Bpk. Uskup dan semua yang hadir di situ)

amphitheater2

Dari Peristiwa ini bagaimana menghubungan dengan desain Amphitheater ini?

Ya, saya mendesain ini seperti ‘bejana/tempayan’, ya di sini ada 4 tempayan (sambil menunjuk bagian yang dimaksud) yang akan diisi oleh orang-orang muda atau siapa pun yang menggunakannya. Sebelum orang muda masuk di bejana-bejana besar ini ada satu bangunan menyerupai bejana pecah di luar gedung utama ini menggambarkan orang realita orang muda. Nah lalu dari bejana pecah itu mereka masuk dalam bejana-bejana besar ini dan di dalamnya orang diberi pembinaan dan oleh bantuan Allah, ya saya harap orang-orang ini mengalami mujizat seperti tadi. Dari air menjadi anggur. Saya harapkan Orang Muda Katolik yang akan hadir di IYD nanti datang dari berbagai daerah sebagai air dan mengalami perubahan menjadi anggur yang berkualitas.

Terakhir Stan. Apa harapan Stan nanti untuk seluruh Peserta IYD 2016 dan semua yang terlibat di dalam acara akbar ini?

Ia, harapan saya orang muda Katolik dari seluruh Indonesia datang ke sini mengalami perubahan. Imannya yang dari air mengalami mujizat menjadi Anggur. Saya harap orang muda itu sendiri mengalami Sukacita Injil kemudian menjadi anggur yang berkualitas mereka kemudian menjadi ‘wartawan’ (maksudnya Pewarta) Sukacita Injil itu di mana-mana.

amphitheater3

Ada salam untuk OMK seluruh Indonesia Stan?

Salam Sukacita Injil untuk semua OMK di Seluruh Indonesia. Khususnya untuk Peserta IYD 2016 nanti semoga sukses dan saya siap dukung acara IYD ini. Sampai ketemu di IYD 2016 nanti.

Lotta, 29 Juni 2015
(Sumber Tulisan dan Foto-foto. Tim PubDok, Panitia IYD 2016 – Manado)

Post Author: omknet

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *