Sinode Orang Muda

Sinode di Roma tahun 2018 dengan tema: Orang Muda, Iman dan Panggilan Hidup

paus-fransiskus-buka-akun-instagram-222899-1Setelah Sinode Keluarga tahun 2014 dan 2015 yang hasilnya dirangkum dalam himbauan apostolik Amoris Laetitia, Paus Fransiskus merencanakan suatu Sinode pada bulan Oktober 2018 dengan tema: Orang Muda, Iman dan Panggilan Hidup. Sebuah pernyataan dari Vatikan menyatakan bahwa tema itu dipilih untuk mengungkapkan perhatian Gereja bagi pastoral orang muda sebagai tindak lanjut hasil Sinode tentang keluarga.
 
Sinode tersebut diharapkan dapat menemani orang muda dalam perjalanan hidup mereka menuju pada kematangan, melalui proses discerment dan menemukan arah hidup mereka sehingga mereka dapat mencapainya dengan sepenuh kegembiraan. Orang muda perlu dipersiapkan sebagai generasi yang akan mengambil bagian dalam membangun Gereja dan masyarakat.
 
Berita dari Vatikan ini terdengar pada saat IYD 2016 di Manado baru saja berakhir dan AYD 2017 di Semarang sedang dipersiapkan. Tidak dapat disangkal bahwa OMK bukan hanya masa depan Gereja melainkan masa kini Gereja. Bukan nanti OMK berperan, melainkan sekarang ini juga mereka sedang berperan.

Post Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *