The Synod Journeying with Young People

“Sinode ini bukan untuk orang muda tetapi berziarah bersama dengan orang muda. Kita ingin bekerja bersama-sama dengan orang muda. Bukan untuk orang muda tetapi dengan orang muda,” kata Pst. Fabio Attard SDB dengan tegas. Bersama dengan perwakilan orang muda dari berbagai negara dan komunitas seluruh dunia DLFL (Dicastery for Laity, Family and Life)-Youth Office mengadakan rapat persiapan Sinode Orang Muda dan evaluasi WYD Krakow serta persiapan WYD Panama 2019.

IMG-20170408-WA0022Dalam pertemuan tersebut gereja ingin mendengarkan sebanyak-banyaknya dari orang muda mengenai harapan dan yang dirasakan orang muda. Tema dari Sinode orang muda sendiri adalah “Youth, Faith and Vocational Discerment”. Pst. Jean-Paul hernandez,S.I. mengajak peserta rapat untuk mengamati lukisan Matteo berjudul Caravagelo. Lewat lukisan ini kita bisa melihat discernment dimana setiap orang yang ada dalam lukisan menggambarkan ekspresi, sikap dan tanggapan. Jendela yang terbuka memberikan pencerahan yang membawa pada inspirasi dan kebaharuan. “Kita diajak mengikuti-Nya. Kita dibawa pada penciptaan baru,” ungkap Pst. Jean.

IMG-20170408-WA0023Diskusi-diskusi dibuat dalam banyak group untuk semakin mempertajam tema Sinode. Orang muda mengungkapkan situasi orang muda saat ini, apa arti iman bagi mereka, bagaimana pentingnya discernment bagi hidup mereka, usulan berdasar pengalaman orang muda untuk pengembangan pastoral orang muda mendasarkan pada Evangelii Gaudium. Orang-orang muda dari berbagai belahan dunia tampak antusias mengusulkan banyak hal dalam pastoral orang muda dalam rapat yang diadakan di Roma pada tanggal 5-9 April 2017. Orang muda ingin menjadi protagonist yang terus mengembangkan kebaharuan dan perubahan.

Dalam evaluasi WYD pun disadari bahwa WYD adalah rahmat dari Tuhan. Melalui WYD orang muda semakin dapat berkomunikasi satu sama lain, memperdalam imannya, dan bersemangat untuk menghadapi berbagai tantangan. Mari kita bekerjabersama orang muda. Bukan untuk orang muda tetapi bersama orang muda.

Post Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *