JoyFull Run, Rayakan Keberagaman

Mall Alam Sutera Tangerang dipadati ribuan umat Keuskupan Agung Jakarta pada Minggu (7/5). Kehadiran mereka untuk mengikuti JoyFull Run 2017 dalam konsep lomba lari yang berbeda dari biasanya karena diikuti oleh orang muda lintas agama. IMG_20170507_212512“Sekitar 5600 peserta hadir dalam acara ini. 47 persen pria dan 53 persen wanita dari berbagai agama hadir untuk memeriahkan acara ini. Mereka (non Katolik) kami undang secara khusus”, ungkap Nixon Silvanus selaku ketua acara. Dalam acara ini terbagi dalam beberapa lomba, lari 2,5K, 5K, 10K, lomba photography dan Asian costume.

Tujuan acara ini untuk meningkatkan kesadaran terhadap Asian Youth Day 2017 yang akan berlangsung Agustus mendatang dan menghargai ideologi Pancasila. “Acara ini bertujuan untuk merayakan keberagaman seperti Indonesia yang beragam suku, agama, dan bahasa. Kita diajak untuk bersatu dalam perbedaan menjadi sebuah bangsa yang berkembang ditengah kemajemukan”, ungkap Mgr Riana Prapdi selaku ketua Komisi Kepemudaan KWI.

Ungkapan serupa turut pula diucapkan penyanyi, Agutinus Gusti Nugroho atau kerap disapa Nugie. “Saya sangat menyayangkan nilai keberagaman yang saat ini mulai sedikit terkikis. Kita jangan mudah terprovokasi karena masih banyak daerah-daerah terpencil yang menjadi kantong berbagai agama tidak berpengaruh terhadap pemikiran non-multikultiralis”, ungkap Nugie.

_20170507_212551Menurutnya, sebagai orang muda perlu untuk memilah dan memilih berita yang banyak tersebar di dunia maya. “Jujur saja tidak semua media benar”, kritik artis kelahiran Jakarta 46 tahun silam. Ia berharap orang-orang muda Katolik terus berkarya diluar Gereja dengan mengusung nilai-nilai cinta kasih sebagai tanda umat beriman.

“Silahkan berkarya dimanapun. Entah dibidang seni, sosial atau yang lainnya tanpa harus mengenakan atribut-atribut tertentu cukup dengan cinta kasih seperti yang diajarkan Kristus”, tutupnya.

Harapan besar turut disampaikan Mgr Riana agar Orang Muda Katolik untuk hidup bahagia dalam keberagaman. “Perbedaan itu adalah sukacita, berkah bagi kita semua, dan juga bagi orang muda se-Asia yang pada akhirnya mengalami kegembiraan bahwa kita berbeda. Perbedaan itulah yang membuat kita saling menghargai, menghormati, dan membanggakan”, ungkapnya.

Dalam acara ini turut dihadiri oleh beberapa artis dan atlet lain seperti Daniel Mananta, Citra Scholastika, Ronny Dozer hingga Candra Wijaya.

A.Aditya Mahendra

Post Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *