Buka Puasa MAGIS Jakarta bersama Warga Kampung Warna Warni Jakarta

Kalau kita mengetik Kampung Warna Warni di media online, kita akan menemukan satu kampung yang memang ada di Jakarta. Tepatnya Kampung Penas, RT 015/RW 02, Kelurahan Cipinang Besar Selatan, Jakarta Timur. Kampung ini ada di bantaran kali Cipinang, pemukiman di sini pun padat. Kampung Warna Warni – Bebas Tanpa Asap Rokok ini tercipta atas inisiatif warga dan dengan dana swadaya warga & donatur untuk mengecat kampungnya dengan warna warna semarak, sehingga berhasil merubah kampung kumuh menjadi lebih menarik indah. Ketua RT, Bapak Fathudin mengatakan untuk tahap awal, warga berkomitmen untuk tidak ada yang merokok di dalam rumah, serta akan diikuti tahap-tahap selanjutnya yang menjadi polisi adalah Ibu ibu dan anak-anak.

S__9617438Kegiatan buka bersama ini diinisasi oleh MAGIS Jakarta. MAGiS adalah program pendampingan dalam bentuk komunitas bagi orang muda Katolik berbasis Spiritualitas Ignatian yang ada di dunia termasuk beberapa kota di Indonesia. MAGiS dilandasi oleh tiga pilar yaitu persahabatan, kerohanian dan pelayanan (magis-indonesia.org). Dalam beberapa tahun terakhir MAGIS Jakarta mengadakan Live In sebagai bagian dalam rangkaian kegiatan formasi tahunan. Live In diadakan di berbagai tempat di Jakarta seperti daerah Cilincing (Rumah Kerang, Sekolah Empang, Islamic Center) serta Jesuit Refugee Service Indonesia (JRS) di Bogor dsb. Salah satunya di kampung ini.

S__9453579Berbuka Rasa Warna Warni
Pada 18 Juni 2017 lalu MAGIS Jakarta bersama OMK Jagakarsa berbuka puasa bersama +- 50 warga  dari anak-anak, pemuda-i yang tergabung dalam karang taruna dan orang dewasa di sebuah rumah yang dijadikan aula RT di kampung ini. Kegiatan dimulai dengan permainan bersama anak-anak di kampung ini. Tanya jawab tentang nama-nama ikan, nama lengkap Presiden & Wakil Presiden RI, serta 5 sila Pancasila berhadiah menjadi awal keceriaan. Kemudian berbuka puasa dengan alas daun pisang menjadi kebersamaan yang indah meski sampai harus dipasang dijalan dengan beralas terpal, karena keterbatasan tempat & banyaknya antuasiasme warga.

Kemudian dalam sambutannya pak RT menyamaikan keberagaman adalah indah, dengan keragaman akan muncul ide sehingga saling melengkapi. Tuhan bisa saja menciptakan semua jadi 1 jenis, tapi tidak, alias beragam. Akan ada ilmu baru, sharing dsb sehingga kita bisa merajut persatuan di dunia ini.”

Bapak Ibu pun tidak mau kalah dengan anak-anak karena ada permainan berjoget bersama dengan 3 orang terbaik mendapat hadiah. Jam menunjukan pukul 7 malam, acara pun ingin diakhiri, kemudian anak-anak mengantri mendapat bingkisan dan foto bersama mengakhiri kegiatan kebersamaan ini.

Bahagia Itu Sederhana
Warga mengaku kegiatan bersama seperti ini jarang dilakukan di kampung ini. Apalagi momen buka puasa menjadi kegiatan ibadah dan kebersamaan yang bisa menyatukan seluruh warga dari kecil hingga dewasa. Komunitas MAGIS Jakarta bersama OMK Jagakarsa pun bersyukur dan gembira atas kegiatan kecil yang bisa membuat orang turut bahagia. Keberagaman akan menjadi indah ketika semua saling gotong-royong, melengkapi dan peduli. Kampung Warna Warni ini bisa menjadi pengingat bagi kita kalau masih ada masyarakat di metropolitan Jakarta ini yang memperjuangkan keberagaman dan anti rokok. Semua dimulai dengan langkah kecil dan nyata, bersama merawat keberagaman. Bagaimana dengan kita?

(Hieronymus K.B)
Selamat Hari Raya Idul Fitri kepada semua saudara-i kami yang merayakan –

Post Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *