Anak Muda Dan Garuda: Ayo Hadapi Tantangan Jaman!

Indonesia menyongsong bonus demografi yang puncaknya pada periode tahun 2020-2035. Tantangan yang dihadapi Indonesia adalah apakah pertumbuhan kesejahteraan akan semakin cepat bertumbuh atau beban negara bertambah karena mayoritas kaum muda tidak produktif? Bonus demografi berarti persaingan di segala bidang akan semakin sengit karena jumlah pesaing makin banyak, belum lagi dengan adanya Pasar Bebas Asia. Itu tidak lama lagi, tinggal 3 tahun dari sekarang. Indonesia sudah mulai menuju ke kondisi itu dan diperlukan strategi cerdik menghadapinya!

IMG-20170731-WA0042Anak Muda Dan Garuda (AMDG) adalah komunitas yang berusaha menjawab tantangan jaman ini dengan meningkatkan kualitas kaum muda. Strateginya:

  1. Siapkan kaum muda sedini mungkin untuk memiliki sikap dan ketrampilan yang tepat melalui spiritualitas kristiani;
  2. Inovasi tiada henti dalam meningkatkan kualitas pengetahuan, ketrampilan dan sikap kaum muda;
  3. Pendampingan berkelanjutan untuk membantu orang muda bertumbuh dengan cara tepat dan terbaik.
  4. Sinergi dengan berbagai pihak untuk bersama menghadapi tantangan jaman.

Pada tanggal 24 – 25 Juli 2017 AMDG melakukan pelatihan 2 hari 1 malam bagi mahasiswa yang akan memasuki semester 1. Tujuannya agar sejak langkah pertama, mahasiswa sudah memiliki bekal yang lebih dari cukup untuk memulai kuliahnya. AMDG berusaha agar peserta sudah paham situasi yang akan dihadapi di kampus dan tahu betul cara mengelolanya!

Sesi Spiritualitas membantu peserta memahami pikiran, kehendak dan perbuatannya dalam terang tahap perkembangan dirinya menjadi manusia yang seutuhnya. Sesi Cara Jitu Belajar di Perguruan Tinggi membagikan kiat sukses mengelola kuliah, kegiatan, dan minat bersama dosen dan teman-teman kuliahnya. Peserta diajak juga mulai memahami organisasi yang bisa memberi manfaat bagi mahasiswa dalam mencapai tujuan hidupnya. Sesi Komunikasi memberi kiat mengelola komunikasi yang efektif melalui pengelolaan pikiran, kehendak dan pembuatan keputusan dalam bertindak. Sesi Pergaulan Antar Iman di Kampus membekali peserta pengetahuan praktis dan kiat sukses bergaul antar iman. Sesi Motivasi memberi pemahaman dan menyemangati peserta untuk mengenali motivasinya dan tertarik untuk menjadi lebih dari sekedar rata-rata.

Kegiatan 2 hari 1 malam dirasa kurang oleh para peserta. Peserta berharap ada kegiatan lanjutan dan kegiatan serupa untuk mahasiswa semester yang sama dan di atasnya. Peserta merasa sangat puas dengan kegiatan yang mencerahkan mereka, memberi kesempatan berkenalan dengan sesama mahasiswa semester 1 dari 9 kampus. Tim pendamping tetap melakukan pendampingan melalui Line Group dan selanjutnya akan ada banyak pelatihan yang mendukung suksesnya peserta.

Salam sukses AMDG!

Margaretha Ibnurini

Post Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *