Natal Indonesia

natalTak terasa Hari Natal telah tiba. Semua umat kristiani di seluruh dunia siap menyambut kelahiran Yesus Kristus. Ketika Natal tiba, pastilah setiap negara mempunyai tradisi atau kebiasaan untuk merayakan natal. Di Indonesia sendiri umat kristiani punya kebiasaan tertentu untuk merayakannya. Apa saja sih? Yuk kita tengok bersama!

  1. Merayakan misa atau ibadah

natal indoKetika malam Natal biasanya umat kristiani pergi ke gereja untuk mengikuti misa atau ibadah. Dan lebih uniknya lagi, ketika misa malam Natal biasanya umat yang bisa 5x lebih banyak daripada misa minggu biasa. Kebayangkan ramenya seperti apa? Hehee. Jadi disaranin kalau ikut misa harus datang 1 jam lebih awal. Kalau nggak bisa-bisa bakalan nggak kebagian tempat duduk hihihi.

 

  1. Mengunjungi keluarga

Moment Natal juga biasa digunakan untuk mengunjungi keluarga. Dan biasanya keluarga dari jauh datang berkunjung untuk bersilaturahmi dengan dengan keluarga besar. Di moment yang hangat ini biasanya sesama anggota keluarga saling bercengkrama akrab satu sama lain.

  1. Opor ayam dan rica-rica babi

Ketika semua anggota keluarga berkumpul tak lengkap rasanya jika tidak ditemani makanan sebagai pelengkap keakraban. Opor ayam dan sambel goreng, makanan ini tak hanya dihidangkan ketika lebaran saja, tapi juga di saat Natal juga. Opor ayam, sambel goreng , dan rica-rica menjadi pelengkap di moment berkumpul dengan keluarga besar.

  1. Tukar kado

Moment natal identik dengan tradisi tukar kado. Biasanya sesama anggota keluarga saling bertukar kado. Dan uniknya biasanya kado-kado itu dibungkus dengan koran. Jadi si penerima tidak tahu kado itu berasal dari siapa. Dan beberapa tips memilih kado natal: sesuaikan dengan badget kita, pilihlah barang yang bisa bermanfaat bagi orang yang menerimanya.

  1. Pergi bersama keluarga

Selain berkumpul dengan keluarga besar, moment natal juga dimanfaatkan untuk pergi ke suatu tempat bersana keluarga. Tak jarang mall, pantai, dan tempat-tempa wisata yang lain selalu ramai ketika natal tiba.

So, Selamat Natal buat semua umat kristiani di Indonesia. Semoga damai natal selalu ada di tengah-tengah kita.

 

oleh:Oleh: Maria F. Kristina

Post Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *