OMK yang SATU : Satu Visi, Satu Hati dan Satu Gereja dalam keberagaman

Dalam rangka pengembangan diri dan tindak lanjut dari usaha pencarian dana pembuatan buku ucapan natal tahun 2017. Orang Muda Katolik St.Petrus Palembang mengadakan Training Of Traineer(TOT). Diharapkan Orang muda Katolik juga bisa menjadi konseptor baik untuk individu ataupun kelompok. Dalam TOT ini, OMK yang telah mendaftarkan diri akan mengikuti dan mendapatkan materi sekaligus pelatihan bagaimana menjadi konseptor suatu event dan menggali keberanian untuk ikut berkontribusi dalam memberi ide dan gagasan yang ada pada setiap pemikiran agar ide yang muncul tidak hanya dipendam saja melainkan di tuangkan sehingga ide tersebut dapat di jalankan.

Materi TOT ini di berikan langsung oleh Aryo Mahir selaku pendamping OMK paroki St.Petrus palembang dan oleh Sutan Bonamora selaku Komisioner Komisi Kepemudaan Keuskupan Agung Palembang. para OMK paroki st. Petrus dengan semangat muda yang berkobar pun berkumpul di pendopo st.petrus untuk mengikuti dan menerima materi dan pelatihan karena momen TOT ini begitu berharga dan berguna untuk melatih pribadi org muda agar berguna untuk lingkungan sekitar dan gereja.

Untuk menyalurkan hasil TOT ini, OMK St.Petrus Palembang akan menjalankan hasil TOT lewat Ziarah Rekreasi (Ziarek) yang akan di laksanakan pada tgl 15-18 Febuari 2018 di Lampung.

Persiapan yang panjang bukan? Ya, tentu saja mereka dilatih agar dapat menjadi individu yang berguna dan dekat satu sama lain.

(27/1)   Pertemuan pertama TOT yaitu materi yang di terima oleh OMK dari Aryo mahir dan Sutan Bonamora mengenai materi dasar menjadi fasilitator, menjadi fasilitator brarti orang muda diajarkan utk tidak hanya diam dan menerima, melainkan mampu memaksimalkan diri dan menjadi perancang,penggerak dan pelaksana suatu event.

(28/1) Pada pertemuan kedua, OMK diminta utk mempraktekan materi yg telah diberikan, yakni menjadi fasilitator. event yg harus dijalankan adalah ziarek OMK ke laverna. seluruh peserta TOT tanpa terkecuali (yang telah  dibagi dalam beberapa kelompok team kerja) bebas mnuangkan ide kreatif dan merancang secara detail kegiatan tsb. praktek ini pun pada akhirnya menghasilkan sesuatu yg tak terduga. kegiatan yg dirancang oleh banyak orang dan dalam waktu yang cukup lama dalam proses yang matang pun dapat menjadi kegiatan yang lebih kreatif dan menarik.

WhatsApp Image 2018-02-20 at 17.11.01

Selanjutnya, setelah hasil TOT . OMK st petrus di ajak untuk membentuk 12 Team Kerja yang terdiri dari Ketua,sekretaris, bendahara, registrasi, liturgi ibadat, acara, transportasi , akomodasi , konsumsi, kesehatan,perlengkapan dan dokumentasi. Dari Team kerja yang telah di bentuk tersebut semua tanpa terkecuali ikut ambil bagian menjadi penggerak satu sama lain menjalankan tanggung jawab berdasarkan Team yang telah di tentukan dari hasil keputusan bersama.

Agar kegiatan ziarek yang akan dilaksanakan dilampung pada tgl (15/2)-(18/2) berjalan dengan baik . Setelah TOT masih mengadakan rapat lanjutan sesuai kesiapan dan persiapan masing” team kerja dan membuat baju sebagai simbolis kebersamaan sesuai hasil rapat bersama dan menghasilkan tema “OMK Yang Satu . Satu Visi,Satu Hati, Satu Gereja dalam Keberagaman”.

(15/2) kira-kira jam menunjukkan Pk.19.00 bus pun datang dan langsung tancap gas menuju Lampung tepatnya menuju Laverna .kira” Pk.12.00 (16/2)  sampainya di laverna rombongan OMK st.petrus yang didampingi oleh Aryo Mahir dan Rm.Anggoro SCJ pun menuju kamar masing”lalu bersantap siang bersama yang telah di sediakan.

Sesuai rencana bersama yaitu ziarek lalu OMK St.Petrus pun Jalan Salib  di Jalan Salib Laverna yang cukup panjang, dilanjutkan dengan perayaan ekaristi. Cuaca dan suasana di Laverna tentu memberi semangat OMK untuk melanjutkan doa Rosario di goa maria Laverna , jalan terjal dilalui dengan semangat muda Katolik serta hujan yang membasahi mereka tidak menghilangkan semangat doa mereka. Setelah selesai doa Rosario , lalu keperluan pribadi dan santap malam bersama.

Selanjutnya, OMK menuju ke ruang serba guna untuk refleksi pribadi yang dilanjutkan dengan sharing bersama mengenai apa saja OMK dapat dari proses TOT sampai Ziarek. Dari sharing tersebut, maka terbangun komitmen bersama untuk mengadakan final project.

Jarum jam kira” menunjukkan Pk.23.30 dan mengharuskan para OMK untuk beristirahat karena akan melanjutkan kegiatan di pagi harinya.

( 17/2) sekitar Pk.0615 , OMK telah siap briefing untuk menuju ke Pulau Pahawang, Taman Nemo dan Pantai pasir timbul. Sesuai dengan keputusan bersama yaitu ziarah rekreasi ya, berdoa lalu rekreasi bersama.

Rasa senang, penuh syukur dan penuh kebersamaan dapat dirasakan satu sama lain. Snorkling bersama, foto bersama dan bercanda tawa bersama membuat OMK st.petrus palembang semakin mempererat tali kekeluargaan mereka dan membuat mereka menjadi satu sesuai dengan tema “OMK Yang Satu. Satu visi, satu hati ,satu gereja dalam keberagaman “.

Setelah rekreasi OMK pun kembali ke Laverna dan santap malam bersama lalu keperluan pribadi, kondisi yang lelah tidK menyurutkan OMK untuk berkatekese bersama, Katekese yang dibawakan Aryo Mahir dengan metode bermain Kuartet, membuat OMK yang dalam kondisi lelah menjadi semangat untuk bermain sambil katekese. Dalam permainan Kuartet Youcat tidak hanya melatih para OMK dalam memperkuat pengetahuan tentang Katolik melalui kartu” youcat melainkan juga melatih agar saling peduli satu sama lain , saling memberi dan memohon .

Keesokan harinya (18/2) OMK pulang menuju Palembang. Semoga kegiatan TOT & Ziarek yang dijalani OMK ST. Petrus Palembang memberikan ke mereka banyak pengalaman baru sekaligus belajar bersama untuk saling melayani dan menjadi penggerak satu sama lain dalam suatu event. Dan apa yang diharapkan mereka menjadi OMK yang Satu : Satu Visi, Satu Hati dan Satu Gereja dalam keberagaman, dapat terwujud dan dapat mereka rasakan.

Post Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *