Berani Hadapi Resiko (Kabar Pra-Sinode)

sinode3‘We Talk Together!’ menggema di pembukaan Pra-Sinode Orang Muda yang dimulai sejak Senin 19 Maret yang lalu. Hampir 300 orang muda Katolik, dan perwakilan denominasi serta agama lain diundang oleh Gereja Katolik ke Roma untuk dapat bersuara mengenai iman, orang muda, dan diskresi panggilan yang juga merupakan tema dari acara ini. Dua delegasi Indonesia, satu perwakilan Katolik dan satu perwakilan komunitas Muslim, turut serta dalam acara ini.

 

Paus Fransiskus secara khusus membuka rangkaian diskusi dan memberikan pesan khusus kepada orang muda: berbicaralah apa adanya! Terkait tema acara, Beliau menekankan pentingnya keberanian untuk memilah panggilan hidup dan kesediaan menanggung resiko pilihan tersebut.

 

sinode4Pra-Sinode merupakan ajang bagi orang muda yang diundang untuk dapat merumuskan refleksi serta pendapat dan masukan bagi Gereja Katolik dalam melakukan pelayanan pastoral untuk anak muda. Peserta dibagi dalam beberapa grup kecil untuk dapat berbagi cerita dan pengalaman, untuk selanjutnya dijadikan dasar rekomendasi bagi Gereja.

 

Poin utama yang diangkat dalam diskusi terbagi dalam 2 bagian besar: pertama adalah tantangan apa yang dihadapi oleh orang muda sehari-hari, dan bagian kedua adalah hal-hal praktis yang dapat dilakukan Gereja untuk membantu orang muda menghadapi tantangan tersebut.

 

Hingga saat ini, diskusi masih berlangsung dalam beberapa tahapan untuk terus diolah hingga mengerucut pada hal-hal konkrit yang harus dilakukan Gereja dalam pelayanan bagi orang muda.

 

sinode1Selain berdiskusi bersama, pentas seni kebudayaan juga berlangsung untuk membuat persaudaraan antar-benua makin kental. Para delegasi dari Afrika, Asia, Timur Tengah, Amerika Latin, Eropa, dan Oceania bernyanyi dan berdansa bersama merayakan keberagaman iman! Delegasi Indonesia turut menyumbangkan sajian budaya dengan sapaan dalam bahasa Indonesia, selain memberikan masukan terkait konteks sosial dan budaya dalam diskusi. Dua anak muda Indonesia tersebut bahkan mendapatkan kesempatan berbincang dan berfoto dengan Sekretariat Jenderal Sinode Uskup, Kardinal Baldisseri!

 

Ini adalah kali pertama Vatikan menyelenggarakan pertemuan persiapan Sinode Uskup seluruh dunia, dan orang muda sangat beruntung mendapatkan kehormatan menjadi tamu undangan. Rangkaian Pra-Sinode ini juga merupakan bagian dari pra-acara World Youth Day yang akan diselenggarakan di Panama pada Januari 2019 mendatang.

 

Let’s talk together youngsters!

Synod2018

 

Roma, 20 Maret 2018.

Anne

Post Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *