13 Tahun Meninggalnya Paus Yohanes Paulus II

13 tahun yang lalu, dia dipanggil Tuhan. Sosok yang tidak asing bagi orang muda ini adalah Paus yang memprakarsai diadakannya World Youth Day (WYD) atau Hari Orang Muda Sedunia.

pope-john-paul-iiNama asli dari Paus Yohanes Paulus II adalahKarol Józef Wojtyła, lahir di Wadowice, Polandia, 18 Mei 1920. Santo Yohanes Paulus II meninggal di Istana Apostolik, Vatikan, 2 April 2005 pada umur 84 tahun.

Paus Yohanes Paulus II dilantik ketika berusia 58 tahun pada 1978. Dia adalah Paus non-Italia pertama sejak Paus Adrianus VI, yang menjabat untuk sesaat antara tahun 15221523. Dia memerangi komunisme, kapitalisme yang tak terkendali dan penindasan politik. Dia dengan tegas melawan aborsi dan membela pendekatan Gereja Katolik Roma yang lebih tradisional terhadap seksualitas manusia. Karyanya yang terkenal adalah Theologi of The body.

Dia telah melakukan lawatan 129 negara selama menjadi Paus dan menjadi pemimpin dunia yang paling banyak melawat dalam sejarah. Dia berbicara dalam bahasa-bahasa Italia, Perancis, Jerman, Inggris, Spanyol, Portugis, Ukraina, Rusia, Kroasia, Esperanto, Yunani Kuno dan Latin selain bahasa ibunya bahasa Polski.

Sumber informasi: Wikipedia

Post Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *