OMK Membawa Kabar Gembira

makassarDalam bulan April 2018, Komkep KAMS bekerja sama dengan Komisi Sosial (Komsos KAMS) juga melaksanakan kegiatan Pelatihan Media Sosial di Paroki Santo Mikael Tobadak (14-15 April 2018) dan Paroki Santo Petrus Mamasa (28-29 April 2018). Pelatihan di Tobadak diikuti juga oleh OMK yang berasal dari Santa Maria Mamuju, dan Paroki Santo Yusuf Pekerja Baras yang berjumlah 43 orang. Sementara Pelatihan Medsos di Mamasa peserta berasal juga dari Paroki Santo Yoseph Polewali, Paroki Santo Fransiskus Messawa, dan Paroki Santo Giovanny Don Bosco Supiran yang berjumlah 38 orang.

Pelatihan diberikan oleh RD. B. Cakra Arung Raya, dan RD. Semuel Sirampun, serta Tim Komkep dan Komsos dengan materi meliputi: (1) Aku, media sosial, dan gereja, (2) OMK membangun dialog dan komunitas di medsos, (3) OMK dan ketrampilan membuat isi kreatif di medsos, (4) Pembuatan grafis kreatif di medsos, (5) Tugas Kelompok grafis kreatif di medsos, (6) Pembuatan konten video, (7) Tugas Kelompok pembuatan konten video, (8) Pengantar jurnalistik, UU ITE, dan HAKI, (9) Presentasi Kelompok Grafis Kreatif dan Konten Video, (10) Membangun dan memviralkan konten, perencanaan program monev medsos, (11) Program Medsos berupa Rencana tindak lanjut, Membangun kerjasama, dan Membangun jejaring.

Melalui pemanfaatan sarana pada teknologi informasi, proses pelatihan melalui berbagai tahapan seperti registrasi peserta, program tindak lanjut pelatihan dan kuesioner evaluasi pelaksanaan kegiatan dilakukan secara onlinedengan menggunakan aplikasi Google Form. Selain itu pula materi pelatihan, dapat diunduh secara onlinemengingat waktu pelatihan sangat terbatas, Secara khusus RD. Gregorius Fanskuo Edyanto Midun(Koordinator Kepemudaan Kevikepan Sulbar) menyampaikan pesan dalam kegiatan, yaitu: “Duc in Altum”, yang berarti Bertolaklah ke tempat lebih dalam dan tebarkanlah jalamu.Setelah seluruh materi diberikan, kegiatan pelatihan ditutup dengan Misa Perutusan di Gereja Santo Mikael Tobadak dan Gereja Santo Petrus Mamasa.

Setelah Misa peserta diberi kesempatan untuk menyampaikan pesan dan kesan sebelum menerima sertifikat pelatihan yang diserahkan langsung oleh RD. B. Cakra Arung Raya. Kegiatan Komkep KAMS di bulan Mei selanjutnya adalah Temu Moderatores Regio MAM, yang terdiri dari Keuskupan Agung Makassar, Keuskupan Amboina, dan Keuskupan Manado di kota Makassar.  (nts) 

Post Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *