Mencintai Orang Muda

sena1Sore kemarin (10/06) aku sangat terkejut ketika mengangkat dan mendengar kabar dari handphoneku. Rm. Yorris, Ketua Komisi Kepemudaan Keuskupan Atambua, telpon dengan nada terbata memberi kabar Rm. Sena meninggal dunia. Berulangkali kutanyakan “betulkah Rm. Sena meninggal?” karena belum juga aku percaya.

 

Sosok yang kukenal energik dan bersemangat mendampingi OMK Keuskupan Sorong-Manokwari ini punya totalitas yang tinggi sekali untuk orang muda. Aku langsung teringat ketika dalam beberapa acara di Sorong dikenalkan dengan karya-karya pendampingan orang muda di Sorong Manokwari. Betapa bersemangatnya ketika menceritakan tentang koor orang muda disana. Beberapakali ia pun mengungkapkan latihan-latihan koornya di facebook:

Latihan Kedua OMK TPW-Sorong

Paduan Suara orang muda Katolik (OMK) dari 6 (enam) Paroki se-Kota (TPW) Sorong adakan latihan bersama dalam rangka perayaan 40 tahun imamat Rm. Yan Warpopor, Pr., seorang imam pertama Keuskupan-Manokwari-Sorong (KMS).
Hadir 82 orang OMK dalam latihan yang berlangsung di Paroki Kristus Raja Katedral Sorong pada Selasa, 28 Mei 2018. (salah satu post Rm Sena tentang latihan Koor).

 

sena4Ketika berkunjung ke paroki-paroki yang jauh dengan segala kesulitannya pun ia ceritakan dengan penuh semangat. Maaf beberapakali aku belum bisa mengabulkan permintaanmu untuk terlibat pendampingan orang-orang muda disana. Laporan-laporan kegiatan orang muda dikirim untuk diunggah di OMK.net atau pun diunggah di FB. Semua menggambarkan betapa engkau mencintai orang muda dan perkembangannya. Tulisan-tulisan motivasimu pun rutin kau tuliskan untuk membangkitkan semangat orang muda.

YANG MUDA, YANG BERADAB
(Inspirasi Kawanan Kecil)

A: “Manakah kiat menjadi orang muda yang berhasil?”, tanya si Kacung.
B: “Orang yang berhasil adalah orang yang selalu tidak membicarakan keburukan orang lain namun selalu memperbaiki diri sendiri”, jawab si Alim.

Yang muda, Yang Bergiat.
Terima kasih kawan-kawan muda.
Gereja butuh kehadiran dan partisipasi Anda.

 

Dalam perjumpaan-perjumpaan kita, dalam rapat-rapat kita; engkau sangat antusias dan bergairah untuk memikirkan orang muda. Masih kuingat ketika kita makan ikan di pinggir pantai ada salah seorang romo yang terkena duri di lehernya. Kita keliling rumah sakit-rumah sakit sampai larut malam untuk mencari dokter yang bisa mengobati salah seorang romo teman kita. Betapa kuatirnya dirimu. Engkau berusaha maksimal untuk memberi yang terbaik.

sena2Selamat jalan, Hidup bahagia dalam keabadian. Doakan perjuangan kami untuk orang muda.

Info terkait Rm. Sena:

Nama: Rm. Josep Lambertus Sena (Ketua Komisi Kepemudaan Keuskupan Sorong-Manokwari)

Lahir: 19 Maret 1974
Disemayamkan di Katedral Sorong-Manokwari.

11 Juni pukul 10.00 WIT diadakan Misa di Katedral Sorong-Manowkari.

11 Juni Jam 17.00 WIT Misa di Doom

12 Juni 2018 pada pukul 07.00 dibawa ke Kupang.

 

 

hary

Post Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *