YOUCAT

Apakah Youcat dan Bagaimana cara menggunakannya?

 

youcatgambarprodukYoucat secara resmi adalah katekismus orang muda Gereja Katolik. Youcat direkomendasikan oleh Paus Bennediktus XVI. Youcat merupakan penjelasan tertulis dari iman Katolik yang kontemporer; menjadi mudah diterima oleh orang muda. Walaupun Youcat ditunjukan untuk remaja dan dewasa muda, saya percaya bahwa Youcat bisa digunakan oleh segala kalangan untuk memperkenalkan tentang Katolisitas.

 

Buku ini juga bisa menjadi referensi yang baik untuk orang tua, katekis, pengajar muda, pastor atau siapapun untuk menjangkau orang muda katolik. Untuk mendapatkan hasil yang optimal dalam penggunaan Youcat, kita harus memahami bagaimana ini tersusun, tapi paling penting adalah kita sendiri perlu menggunakannya!!

 

Menelaah pesan dari Bapa Paus Bennediktus XVI:

“Maka saya mengajakmu: pelajarilah katekismus ini! Itulah keinginan hati saya yang terdalam. Katekismus ini tidak ditulis untuk menyenangkan hatimu. Buku katekismus ini tidak akan membuat hidupmu mudah karena ia menuntut hidup baru darimu. Buku ini menempatkan di hadapanmu, pesan Injil, bagikan mutiara yang sangat berharga (Matius 13: 45) di mana untuk mendapatkannya, kamu mesti memberikan segalanya. Maka, saya mohon, pelajarilah katekismus dengan semangat bela rasa dan ketekunan. Korbankan waktumu untuk mempelajarinya. Pelajarilah dalam keheningan kamarmu, bacalah bersama seorang teman, bentuklah kelompok belajar dan jejaring, berbagilah mengenai katekismus ini di internet. Dengan segala cara, lanjutkanlah berbicara satu sama lain mengenai imanmu.”

 

Bagaimana Youcat disusun?

20180606_105507Youcat ditampilkan dalam format pertanyaan dan jawaban. Setiap jawaban diikuti nomer penjelasannya. Nomor-nomor ini sesuai dengan bab-bab dari buku Katekismus Gereja Katolik (KGK) sebagai rujukan untuk memahami lebih dalam lagi topik tersebut. Komentar singkat yang mengikuti tiap jawaban dimaksudkan untuk memberikan penjelasan lebih lanjut tentang topik yang didiskusikan dan dampak dari topik tersebut pada kehidupan pembaca.

 

Nilai dari Youcat mengandung informasi tambahan untuk membantu pembaca berpikir lebih dalam terkait topik tersebut. Termasuk di dalamnya kutipan-kutipan dari kitab suci, para santo santa, ahli keimanan dan penulis di luar keagamaan lainnya; sama baiknya dengan definisi dan referensi lain terhadap bab yang lain didalam Yocuat.

 

Materi tambahan ini digaris bawahi dengan diikuti lambang-lambang:

  • kutipan dari kitab suci
  • kutipan-kutipan
  • Definisi
  • Referensi lain pada bab lain di Youcat

 

Subyek index pada akhir buku Youcat. Disini kamu bisa menemukan list berdasarkan urutan abjad tentang topik yang didiskusikan di Youcat bersamaan dengan jumlah pertanyaan  yang sesuai topik-topik tertentu.

 

Bagaimana cara menggunakan Youcat?

Mungkin ada lusinan cara menggunakan Youcat, tapi disarankan sebagai berikut:

  1. Mengetahui Youcat:

20180606_105445Lihatlah daftar isi tabel untuk mengetahui dimana kamu dapat menemukan topiknya. Lalu, cobalah melihat secara keseluruhan isi Youcat. Luangkan untuk membaca apapun yang mencuri perhatianmu. Bacalah keseluruhan isi Youcat sekali dalam waktu yang cepat saja.

 

Kembali dan pelajari tiap-tiap bab. Sekali kamu terbiasa dengan Youcat, kembalilah dari awal dan mulailah pelajari tiap bab. Ada 527 pertanyaan atau topic mencapai 297 lembar di Youcat. Kamu bisa menghabiskannya dengan cepat atau lambat sesukamu tergantung dari bagaimana kamu ingin menyelami tiap topiknya.

 

  1. Baca dan Refleksi

Luangkan waktumu untuk menelaah tiap point atau nomer di Katekismus Gereja Katolik (KGK). Bacalah ayat-ayat kitab suci dan kutipan yang tersedia dan refleksikan bagaimana itu saling terhubung dan apakah itu bermakna untukmu dan hidupmu.

 

  1. Simpanlah dalam Jurnal

Setelah kamu merefleksikan materinya, tulislah point yang muncul sebagai catatan refleksi pribadimu. Kamu bisa membuat sedetil yang kamu mau, kamu bisa membuat gambar jika kamu menikmati sisi kreatifitasmu. Kamu bisa membuat blog. Untuk berbagi pada yang lainnya atau hanya simpan dalam jurnal elektronikmu.

 

  1. Terhubung dan bagikanlah!!

Terhubunglah dengan orang lain yang memiliki kesamaan minat dalam iman dan mulailah berdiskusi dalam kelompok belajar kecil. Terhubunglah secara pribadi jika kamu bisa, jika tidak gunakan sosial media. Pergunakanlah jaringan ini untuk membantumu hidup dengan iman yang aktif. Bagikanlah imanmu melalui twitter. Instagram, facebook dan lain-lain. Tidak peduli bagaimana caramu memilih terhubung dan berbagi, mengingat pesan Paus Benediktus ke XVI “Dengan segala cara, lanjutkan pembicaraaan ini pada orang lain tentang imanmu”.

 

Sumber: https://youcatguy.wordpress.com/the-youcat-and-how-to-use-it/

Post Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *