SULTRA YOUTH DAY

sultra youth day 1Kegiatan Sultra Youth Day(SYD)2018 dengan tema “OMK Sultra Bangkit dan Bergeraklah”diikuti oleh 7 Paroki yang berada dalam Kevikepan Sulawesi Tenggara (Sultra) Keuskupan Agung Makassar (KAMS), yaitu: Paroki Santo ClemensMandonga, Santo Fransiskus XaveriusSadohoa, Santo PaulusBaubau, Santo ClemensKolaka, Santo MikaelLabasa, Santo Yohanes PemandiRaha, dan Roh KudusUnaaha dengan peserta seluruhnya berjumlah 220 orang. Kegiatan berlangsung tanggal 13 – 17 Juni 2018 bertempat di Da Vince Beach dan Resord Jalan Poros Toronipa No. 1, Kabupaten Konawe Sulawesi Tenggara.

 

sultra youth daySYD dimulai dengan Misa Pembukaan oleh P. Willibrordus Welle, Pr. (Vikep Sultra KAMS) bersama P. Cakra Arung Raya, Pr., P. Daut La Bolo, Pr., P. Bartholomeus Sire’pen, Pr. dan P. Edy Lirianus, SVD. dengan mengambil renungan dari Injil Matius 5:17-19 mengenai khotbah Yesus di bukit, yaitu: “Janganlah kalian menyangka, bahwa Aku datang untuk meniadakan hukum Taurat atau kitab para nabi. Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan untuk menggenapinya.”Setelah misa acara dilanjutkan dengan perkenalan dan pembagian peserta menjadi 12 kelompok.

 

Kegiatan berikut berupa defiledengan menampilkan 7 paroki. Setiap paroki berusaha menampilkan kreatifitas berupa pakaian adat, alat musik dan kekhasan paroki masing-masing. Materi SYD meliputi: (1) OMK Jaman Nowoleh P. Benard Cakra Arung Raya, Pr. (2) SDM OMK Jaman Now yang Kerenoleh Prof. Edi Cahyono dari Universitas Haluoleo. (3) Penanggulangan Bencana ala OMKoleh Rudy Rakka dari Caritas KAMS. (4) Pacaran Sehat ala OMKoleh P. Willibrordus Welle, Pr. (5) OMK membangun Dialog dan Komunikasi di Media Sosialoleh N. Tri Suswanto Saptadi.

 

sultra3(6) OMK dan Ketrampilan membuat isi di Medsosoleh Tony Iwan. (7)Pembuatan Grafis Kreatif di Medsosoleh N. Tri S. Saptadi. (8) Pembuatan Konten Videooleh P. Semuel Simapun, Pr. dan Denny Palit. (9) Pengantar Jurnalistik, UU ITE dan Hak Ciptaoleh N. Tri S. Saptadi. (10) Membangun dan Menviralkan Konten oleh Tony Iwan. (13) Stand Up Comedy Rohaniantar OMK Paroki, (12) Diskusi Politikoleh Pemuda Katolik dan PMKRI. (13) Sharing Panggilanoleh Suster Misionaris Clarisdari Sakramen Mahakudus. (14)Outbound 13 Postpeserta yang diberikan para Pendamping OMK. (15) Lomba Goyang Tobelodari peserta, dan (16) Pemutaran Film Pendekdari peserta. Semoga SYD 2021 dapat kembali dilaksanakan di SantoMikaelLabasa. (nts)

 

Oleh: N. Tri Suswanto Saptadi (Pendamping Komkep KAMS)

 

 

 

Post Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *