Berjalan Bersama Memajukan Nusra

 

nyd1Lama direncanakan untuk bisa bertemu ketua-ketua komisi Kepemudaan Regio Nusatenggara (Nusra) dengan perwakilan para pendamping dan OMK membahas mengenai kewirausahaan di Nusra. Senin, 2 Juli 2018, terjadilah pertemuan sesuai dengan kesepakatan. Meskipun terlambat satu jam dari waktu yang direncanakan semua peserta berkumpul di Aula Susteran RVM Keuskupan Kupang.

 

Setelah doa pembukaan dan perkenalan, Rm. Haryanto, Sekretaris Komisi Kepemudaan KWI, memaparkan bahwa orang muda memiliki banyak potensi bahkan di tahun-tahun ini Indonesia mengalami bonus demografi dimana berlimpahnya usia muda. Gereja mendapat panggilan untuk membawa keselamatan termasuk kemiskinan. Rm. Hary sempat mengutip tulisan Paus Paulus VI yang menyerukan kepada segenap anggota Gereja dan bangsa manusia untuk bertindak memerangi kemiskinan. Soal-soal yang berkaitan dengan urbanisasi dipandang menjadi salah satu sebab lahirnya “kemiskinan baru”.

 

nyd3Ibu Liest, perwakilan dari Komisi PSE, menegaskan bahwa orang muda memiliki banyak potensi terutama di Nusra. Nusra memiliki potensi di bidang kelautan, hasil pertanian, tenun, peternakan, kuliner dan sebagainya. Potensi-potensi ini perlu digarap khususnya untuk orang muda. Bella, pengurus Komkep KWI, lebih lanjut memaparkan mengenai tawaran program GEMBALA (Gerakan Entrepreneur Muda Berbasis Ladang Karya), yaitu sebuah program membangun potensi sosial ekonomi lokal bersama orang muda sebagai pelaku usaha sosialnya. Program ini targetnya dijalankan selama dua tahun melalui berbagai rangkaian kegiatan dari perlombaan merangkai usaha, pelatihan dan pendampingan wirausaha muda hingga festival kewirausahaan.

 

nyd4Hasil assement terkait potensi orang muda dan potensi nusra juga dipaparkan dan diperdalam dengan fokus group discussion. Banyak hal menarik yang bisa dikembangkan di Nusra. “Kain ikat memiliki kisah. Kami mengkisahkan kepada para wisatawan dan kami juga menyajikan dengan tari-tarian,” ungkap salah seorang peserta menggambarkan potensi daerahnya. Orang muda perlu terus ditemani untuk memaksimalkan potensinya dan berani untuk berwirausaha.

 

 

Post Author: admin

1 thought on “Berjalan Bersama Memajukan Nusra

    Andeas Gulo

    (Juli 4, 2018 - 10:54)

    Saya dari nias barat prov. sumatera utara. saya usul kita punya group WA OMK se-nusantara.
    wa saya 0823 6713 9995

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *