Tunas Muda dalam Perutusan Gereja di Era Zaman Now

seminar1Gereja St. Petrus Pupuk Kaltim menyadari pentingnya pendampingan pada orang muda. Dalam rangka pesta perak, Gereja yang berada di Bontang Keuskupan Agung Samarinda ini mengadakan seminar bertema “Tunas Muda dalam Perutusan Gereja di Era Zaman Now”.  “Tema ini diusung dengan alasan OMK cukup eksis di Gereja tetapi masih perlu pembinaan lebih lanjut dan perlu pendampingan yang berbeda antara orang muda yang bekerja dan masih sekolah,” ungkap Dwi Rusiawan, ketua panitia pesta perak Gereja St. Petrus Pupuk Kaltim. “Semoga orang muda makin berperan dalam kehidupan menggereja dan bermasyarakat. OMK makin terlibat, berprestasi dan produktif menjadi terang dan saksi Kristus di zaman now,” tegas Dwi Rusiawan lebih lanjut.

 

seminar2Acara sendiri diadakan pada Jumat (20/07) di Gereja St. Yosef Bontang Kalimantan Timur  jam 19.00 dan dihadiri 200 an orang muda dan orang tua. Dalam Seminar yang dibawakan Rm. Antonius Haryanto, Sekretaris Komisi Kepemudaan KWI, ini diawali dengan perkenalan dan permainan. “Orang muda menyukai musik, tari, menyanyi dan berbagai pengembangan hobby lain. Maka perlu mendampingi dan membangun komunitas-komunitas hobby ini,” kata Rm. Hary di sela-sela sessi. Seringkali paroki tidak memiliki komunitas yang bervariasi dan cenderung tidak menarik bagi orang muda. “Kafe OMK yang telah dikembangkan di paroki bisa dikembangkan terus untuk melatih kewirausahaan, kemandirian dan bisa olah seni karena sangat memungkinkan orang muda untuk tampil dan berkreasi di kafe,” lanjut Rm. Hary mengkomentari keberadaan kafe di paroki yang dikelola OMK.

 

Peserta sangat antusias. Banyak orang muda bertanya seputaran informasi maupun langkah untuk pengembangan orang muda dan Gereja. “Bagaimana menggunakan medsos yang tepat?” “Bagaimana mengajak orang muda lainnya untuk aktif?” dan berbagai pertanyaan lainnya. Karena masih banyak pertanyaan seminar diperpanjang sampai jam 23.00. Orang muda ingin berkembang dan orang muda ingin mengembangkan Gereja dan masyarakat. Orang muda siap diutus.

Post Author: admin

1 thought on “Tunas Muda dalam Perutusan Gereja di Era Zaman Now

    Carlos

    (Juli 30, 2018 - 15:17)

    keren makasih seminarnya semoga tahun depan bisa mampir lagi ke Bontang

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *