Menjadi Pemimpin yang KEREN di Era Milenial

makassar4Komisi Kepemudaan Keuskupan Agung Makassar (KAMS) mengadakan Medium Leadership Training(MLT) atau Pelatihan Kepemimpinan Tingkat Menengah (LKTM). Tema yang menjadi inspirasi adalah “Menjadi Pemimpin yang KEREN di Era Milenial.”KEREN berarti Knowledge, Empathy, Religious, Empowerment, and Natural. MLT diadakan di Rumah Kebun Bili-bili Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan 16-19 Agustus 2018. Peserta pelatihan adalah Orang Muda Katolik (OMK) yang berasal dari 5 Kevikepan di KAMS, yaitu Makassar, Toraja, Sulawesi Barat, Luwu Raya, dan Sulawesi Tenggara.

Kegiatan yang dilaksanakan selama 4 hari tersebut berisi materi pelatihan yang meliputi National Perspective(Beka Untung Hapsara), Spirituality(RD. Cakra Arung Raya), Leadership(N. Tri Suswanto Saptadi), Organization Management(Henny Anastasia), Secretariat and Administration(RD. Cakra Arung Raya), Problem Solving (Henny Anastasia), Creativity and CollaborationTeam – Outbound(Joan F. M. dan Tony Iwan), Group Evaluation, Public Speaking(Joan F. M. dan Tony Iwan), dan Reflection(N. Tri Suswanto Saptadi). Materi disajikan dalam berbagai metode, yaitu: ceramah, diskusi, presentasi, latihan kerja dan bekerja secara kelompok.

makassar6Salah satu materi yang penuh tantangan adalah ketika peserta diberi kesempatan untuk menyampaikan pendapat di muka umum (public speaking). Tema yang diangkat adalah tentang pandangan OMK terhadap narkotika, radikalisme, media sosial, penyakit sosial, terorisme, politik praktis, peran gereja dan masyarakat, ekaristi, birokrasi, dan lingkungan hidup. Berbagai pendapat disampaikan dengan secara serius dan penuh tanggung jawab dalam memahami setiap masalah.

makassar710 Peserta yang terpilih direncanakan akan mengikuti Latihan Kepemimpinan Tingkat Lanjut (LKTL) di Ambon pada bulan Januari 2018 yang juga akan diikuti oleh peserta lain di Regio MAM (Makassar, Amboina, dan Manado). Secara khusus materi kepemimpinan ini dilaksanakan terkait dengan hasil tindak lanjut Pertemuan Moderatores Komkep Regio MAM yang dilaksanakan pada bulan Juni. Semoga melalui pelatihan yang dilaksanakan ini akan memberikan peluang kepada Orang Muda Katolik (OMK) untuk menjadi pemimpin yang memiliki karakter KEREN di Era Milenial. (Tri Suswanto Saptadi)

 

 

 

 

 

 

Post Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *