Seminggu bersama Sinode Para Uskup: Orang Muda, Iman dan Diskresi Panggilan

IMG-20181008-WA0062Seminggu berlalu sejak saya sampai di Vatikan. Sebuah kesempatan yang tak terbayangkan untuk diundang menjadi observer, pengamat dalam Sinode Para Uskup yang membahas tentang Orang Muda, Iman dan Diskresi Panggilan. Bayangkan mendapatkan surat undangan dari Vatikan untuk ikut berpartisipasi dalam Sinode Para Uskup!! Ada 33 orang muda lain dari berbagai benua yang juga diundang sebagai observerdan juga beberapa tamu undangan seperti Bruder Alois dari Taize,

Hari pertama sinode dimulai dengan Misa Pembukaan yang dirayakan bersama khalayak ramai dimana Bapa Paus berpesan bagi para Bapa Sinode dalam homilinya untuk meminta bimbingan Roh Kudus untuk karunia dalam impian dan harapan sehingga dapat memberikan pada orang muda karunia dalam nubuat dan visi. Harapan menjadi kunci dan awal dari perjalanan sinode ini yang menantang kita, mengerakkan kita dan menghancurkan pemikiran konformisme: “dari dulu sudah seperti ini”.

IMG_20181003_165006_HDRPada sesi sore hari pertama seluruh peserta berkumpul di aula. Tempat duduk dalam aula ternyata disusun sesuai kategori umur, kata beberapa Bapa Sinode! Kursi terdepan diduduki oleh para ‘tetua’ Kardinal, para tamu undangan, diikuti para uskup lalu kaum religius, awam, termasuk observer dan ahli.

Sesi dimulai dengan kata sambutan dari Bapa Paus, Kardinal Lorenzo Baldisseri sebagai Sekretaris Umum Sinode dan Kardinal Sergio da Rocha sebagai General Relator. Dalam kesempatan ini Bapa Paus berpesan agar sinode ini menjadi proses berbagi, keberanian untuk berbicara yang didampingi dengan kerendahan hati untuk mendengarkan, menjadi latihan berdialog antar seluruh partisipan sinode, sebuah latihan untuk diskresi dan juga agar kita semua membuka diri pada dorongan Roh Kudus khususnya pada bahan intervensi yang sudah kita siapkan yang mungkin dapat diperkaya seiring berjalannya proses sinode. Lalu dilanjutkan tentang penjelasan bagian pertama dari Dokumen Kerja (Instrumentum Laboris), yaitu Recognize(Melihat).

181003 (6)Sebagai pengamat, kami, orang muda, mendapat kebebasan mengekspresikan respon kami terhadap intervensi dari para Bapa Sinode misalnya dalam tepuk tangan atau bahkan berseru meriah untuk intervensi yang menyentuh hati kami. Ini adalah pertama kalinya ada seruan/teriakan dalam proses Sinode. Kami juga diberikan kesempatan untuk menyampaikan intervensi. Saya melihat harapan baru dalam keterbukaan dan perubahan yang ditetapkan dalam sinode ini. Ini adalah ide – ide baru, perubahan dari yang sudah ada, yang telah dipikirkan dan akhirnya diputuskan untuk dijalankan dengan segala resikonya.

181008 (2)Seusai intervensi untuk bagian pertama kami dibagi dalam grup diskusi kecil sesuai kelompok bahasa. Bagi beberapa uskup yang hadir, ternyata proses sinode ini juga adalah pengalaman pertama bagi mereka, sehingga kami bersama – sama belajar. Jalannya diskusi difasilitasi oleh moderator yang dipilih dari pemungutan suara di antara Bapa Sinode. Sekali lagi, dalam forum ini orang muda diberikan ruang luas untuk bersuara. Walaupun hanya Bapa Sinode yang dapat mengajukan modi /modus, suara orang muda tetap berarti karena dari pengalaman saya sendiri dan juga setelah berbincang dengan banyak observer, hampir seluruh pesan yang disampaikan orang muda diadopsi oleh para Bapa Sinode menjadi suara mereka sendiri sehingga terkualifikasi menjadimodi.

IMG_20181010_110956Sesi akhir dari bagian pertama dalam Sinode adalah pelaporan hasil diskusi grup dan ternyata dirasa sebagai sesi yang cukup berat bagi peserta dengan masuknya lebih dari 200 modi, hanya untuk bagian pertama dari dokumen kerja! Untuk merapikan dokumen kerja dengan pertimbangan semua modi yang masuk, dipilih 1 perwakilan Bapa Sinode dari masing – masing benua (Asia, Oseania, Eropa, Amerika, Afrika) dengan cara pengambilan suara dan juga 3 Bapa Sinode yang dipilih langsung oleh Bapa Paus.

Akankah ada orang muda yang dipilih untuk ikut dalam proses merapikan dokumen kerja? Sedang didiskusikan dan tunggu jawabannya!

Bagi yang ingin membaca Dokumen Kerja yang menjadi acuan proses Sinode, akses filenya di www.synod2018.vadan follow instagarm @omknet untuk mendapat update terkini dari proses Sinode.

Ciao!

 

Vatikan, 10 Oktober 2018

Anastasia (Stacy) Indrawan

Post Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *