Mengenal Bahasa Ajaib Sinode

Seringkah kita dibingungkan dengan istilah – istilah dalam dunia ini atau bahkan dalam Gereja Katolik? Dari pengalamanku, banyak sekali istilah – istilah yang jarang kutemui sehingga terdengar asing, begitu juga dalam Sinode Orang Muda, Iman dan Diskresi Panggilan, dimana bahasa utamanya adalah bahasa Italia.

sinodeh8Jadi, saya bertanya kepada Bapa Uskup Mgr. Pius Riana Prapdi, Ketua Komisi Kepemudaan Konferensi Waligereja Indonesia dan Mgr. Adrianus Sunarko, Baby Bishopdari Pangkal Pinang. Eh ya, Baby Bishop itu maksudnya uskup baru, Mgr. Sunarko tahun ini baru saja merayakan setahun menjadi Uskup dan baru saja menyelesaikan kursusbagi para uskup baru di Vatikan. Jangan lupa selalu mendoakan para Bapa Uskup yang setia melayani Gereja kita ya!

Kembali ke topik! Jadi, Bapa Uskup, apakah itu…..

Instrumentum Laboris?

Alat kerjanya Sinode berupa bahan/dokumen yang disiapkan tim Sekretariat Sinode dan dikirimkan kepada peserta sebelum Sinode dimulai untuk dipelajari dan menjadi bahan dasar untuk diskusi selama Sinode.

 

Interventi?

Bahasa Indonesianya adalah Intervensi. Jadi para peserta Sinode menyampaikan pandangan dan komentar atas materi tertentu dalam Instrumentum Laboris,  dalam sinode ini setiap peserta diberikan waktu 4 menit. Peserta harus menyampaikan permintaan tertulis untuk intervensi kepada panitia dan pada saatnya akan diberi kesempatan bicara.

 

Interventi Liberi?

Bahasa Indonesianya adalah Intervensi bebas. Dalam sidang diberi juga kesempatan kepada peserta untuk menyampaikan pendapat selain yang sudah dimintakan terdahulu. Jadi sifatnya bebas tapi tetepstay on topicya

 

IMG_20181003_165006_HDRBapa Uskup, apa itu Circulus Minori?

Artinya kelompok kecil. Dalam sinode peserta dibagi dalam kelompok – kelompok kecil berdasarkan bahasa untuk mendiskusikan lebih dalam materi dalam Instrumentum Laboris. Hasilnya berupa rangkuman diskusi dan Modi.

 

Apa itu Modi?

Bahasa Indonesianya sih modus atau cara, dalam sinode berupa usulan perubahan atas materi dalam Instrumentum Laboris

 

Semua-muanya itu ternyata merunut ke Instrumentum Laboris yah!

 

Nah selama Sinode ada beberapa peserta yang dipanggil Beatitudine, apakah itu?

Dalam bahasa Indonesia artinya Yang berbahagia, ini adalah sapaan untuk para uskup dan patriark Gereja Timur.

 

Sementara ini dulu ya, teman – teman! Keep in mind, biar ga kagok kalo ketemu istilah – istilah ini. Mana tahu suatu hari kamu harus ikutan Sinode juga, ato malah jadi Bapa Sinode!

 

Ciao!

 

Vatikan, 12 Oktober 2018

Anastasia (Stacy) Indrawan

Post Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *