Gembala Keuskupan Purwokerto

ibadat agung1Hari ini, Selasa (16/10), di Graha Widyatama Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto akan diterimakan tahbisan episcopal kepada Mgr. Tri Harsono. Mgr. Tri Harsono akan menerima Tahbisan epikopal dari tangan Uskup Agung Keuskupan Agung Semarang, Mgr. Robertus Rubiyatmoko, yang akan didampingi oleh Uskup Keuskupan Bogor, Mgr. Paskalis Bruno Syukur OFM dan Uskup Keuskupan Malang, Mgr. Henricus Pidyarto Gunawan, O.Carm.

 

Sehari sebelumnya diadakan ibadat salve agung. Ibadat agung atau salve agung ini dipimpin oleh Uskup Keuskupan Bandung, Mgr. Antonius Bunjamin Subianto, OSC dan didampingi oleh  RD. FX Bagyo Purwasantosa. Dalam Ibadat Agung ini, acara utama adalah pengingkraran kesetiaan kepada Bapa Suci dan pengakuan iman Uskup terpilih serta pemberkatan insignia (atribut penanda uskup) yang akan dipakai oleh Uskup baru dalam tugas penggembalaannya sepanjang hidupnya.

 

 

ibadat agung3Sementara itu, menurut Mgr. Anton, Uskup Emeritus Keuskupan Purwokerto, Mgr. Julianus Sunarka SJ mengajak Mgr. Tri untuk menjadi gembala yang blusukan dan melaksanakan pastoral pedesaan sehingga Gereja Purwokerto menjadi Gereja yang 3 G (guyub, gumregah dan gemrayah). Di akhir homilinya, Mgr. Anton mengajak umat berdoa semoga Mgr. Tri Harsono bisa menjadi gembala utama yang bersinarkan kesucian dan berhiaskan kemuliaan untuk membimbing dan mencintai Gerejanya, serta mengantar setiap orang kepada Allah.

 

Sumber: https://www.dokpenkwi.org/2018/10/15/ibadat-agung-awali-rangkaian-perhelatan-agung-keuskupan-purwokerto/

Post Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *