Rajut Kebersamaan dalam Keragaman

Kusuma Youth Day

“OMK, Iman, dan Diskresi Panggilan”

 

kusumah2Pada tanggal 23-28 Oktober Keuskupan Manado mengadakan pertemuan berkala bersama Orang Muda Katolik yang dihadiri oleh kurang lebih 2000 peserta dari 66 Paroki. Acara Youth Day tahun ini dirancang dengan konsep yang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dan dikemas dengan berbagai kegiatan yang lebih variatif dimulai dari Live In, Seminar, Games Interaktif, Pameran Karya OMK, Festival Budaya, hingga puncak acara yaitu Defile.

 

Kusuma Youth Day dimulai dengan kegiatan live in dari tanggal 23-25, dimana peserta selama 3 hari tinggal dan berkegiatan bersama orang tua asuh masing-masing. Kegiatan Live In ini diadakan di Kevikepan Stella Maris, Paroki Santo Paulus, Tompaso Baru. Kegiatan Live In ini juga mengajak visitor dari beberapa paroki lainnya untuk berkunjung.

 

kusumah4Setelah kegiatan Live In, peserta kemudian dibagi kedalam beberapa kelompok untuk mengikuti salah satu dari rangkaian seminar dengan tema OMK dan Kehidupan Multikulturalisme, Seminar Bahaya Free Sex dan Married by Accident versus Iman Katolik, OMK Jaman Now Cerdas di Media Sosial, OMK Masa Depan, Katekismus Orang Muda, OMK dan Kewirausahaan. Peserta terlihat antusias, dan aktif dalam menanggapi isu-isu dan diangkat dalam seminar-seminar tersebut.

 

Komisi Kepemudaan KWI berkesempatan untuk mengisi acara yaitu pembukaan Main Event bersama Romo Hary, dan Seminar Muktikulturalisme bersama Desiana dan Bella. Setelah seminar, peserta Kusuma Youth Day diajak untuk bergerak aktif di media sosial untuk mewartakan spirit toleransi dengan mempostingkan foto/ video dengan caption mengenai ajakan untuk bersahabat dalam perbedaan menggunakan tagar #KusumaYouthDayToleran #OMKIndonesia.

 

kusumah5Rangkaian acara di tanggal 27 Oktober dikemas kedalam beberapa games, dan juga Festival Budaya, yang dihadiri oleh Bapak Uskup Mgr. Benedictus Estephanus Rolly Untu, M.S.C dari Keuskupan Manado, Bupati terpilih Talaud, dr. Eli Lasut, dan juga beberapa Anggota DPRD Provinsi. Festival Kebudayaan ditutup dengan Deklarasi Sumpah Pemuda jam 24.00 WITA.

 

Puncak Acara Kusuma Youth Day yang bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda, disambut hangat dengan spirit orang muda. Dimana Bapak Uskup Mgr. Mgr. Benedictus Estephanus berpesan agar orang muda adalah harapan bangsa, jadilah orang muda yang cerdas dengan semangat kasih Iman Katolik.

 

Post Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *