“Merajut Kebhinekaan, Menyulam Kebangsaan”.

Temu Mini OMK Dekanat Utara di Batang, 13 Januari 2019

purwokerto8Temu Mini (menunjuk pada jumlah peserta dan paroki penyelenggara, yang lebih sedikit daripada gelaran Temu Raya OMK yang biasanya diselenggarakan di semester genap) OMK Dekanat Utara 2019 diselenggarakan di Paroki Batang Keuskupan Purwokerto, dengan tema “Merajut Kebhinekaan, Menyulam Kebangsaan.”

 

Temu OMK ini diawali dengan Perayaan Ekaristi Pembuka di Hall Pertemuan Hotel Dewi Ratih, dipimpin oleh Rm. Josep MSC sebagai pastor paroki, didampingi oleh Rm. Kristi Adi, Ketua Komisi Kepemudaan Keuskupan Purwokerto, dan Rm. Siswantoko yang diundang sebagai narasumber. Temu Mini diiikuti lebih dari 200 OMK dari 8 paroki di dekanat utara Keuskupan Purwokerto. Dalam homilinya, saat misa pembuka, Romo Kristi menyampaikan tentang perlunya OMK terinspirasi dari Yesus terutama kemauannya untuk rela berkorban, mau bersusah payah, tidak manja, dan punya keberanian untuk BANGKIT dan berteman dengan siapa saja.

 

purwokerto2Setelah misa pembuka, dan dihantar oleh Rm. Koko (panggilan akrab Romo Siswantoko, Sekretaris Komisi Kerasulan Awam KWI), kami berangkat menuju Pesantren Al Quran di Beji, Tulis, Batang. Kami disambut oleh Pak KH Faqih sebagai pemimpin pondok. Istimewa karena kemudian Bupati Batang, Bp. Wihaji, bersama Kapolres, Kasdim, Ketua MUI, Ketua FKUB juga ikut bergabung dalam kunjungan ini. Kunjungan ini adalah awal dialog untuk mencintai Indonesia, demikian kata Bp. Bupati.

 

Seusai kunjungan di pesantren, peserta diajak mengolah kebhinekaan dalam refleksi. Dua pertanyaan yang diajukan oleh Rm. Koko adalah sebutkan 5 alasan mengapa saya harus membangun kebersamaan dengan teman berbeda agama, dan yang kedua hal-hal buruk apa yang harus saya buang agar saya dapat membangun kebersamaan dengan teman berbeda agama. Para peserta tampak antusias berdinamika, bersemangat mengikuti acara sampai selesai.

 

purwokerto1Penutup dari kegiatan ini adalah penyerahan vandel dari Rm. Kristi Adi kepada tuan rumah Temu Raya OMK se-dekanat utara 2019 yaitu Paroki St. Lukas Pemalang, yang dalam teasernya telah menggaungkan tema OMK Cinta Lingkungan.

 

 

frans kristi adi prasetya

IG & Twitter: @kristiadipr

Post Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *