Hari Raya Kenaikan Tuhan Yesus Kristus

kenaikan tuhan yesusKenaikan Tuhan Yesus Kristus ke Surga diperingati 40 hari setelah kebangkitan Yesus atau perayaan Paskah (30/05).  Sesudah Tuhan Yesus berbicara demikian kepada mereka, terangkatlah Ia ke sorga, lalu duduk di sebelah kanan Allah (Mrk 16:19). Kenaikan Yesus ke Surga bukan mengakhiri segalanya tetapi karya terus berlanjut. Ia menjanjikan akan mengirimkan Roh Kudus (Lih. Yoh. 16:7). Kenaikan Yesus juga melambangkan penyelamatan umat manusia. Seperti Yesus, seluruh umat-Nya juga akan bersatu dengan Bapa.Yesus membawa jiwa-jiwa yang berada di tempat penantian ke Surga.

Sesudah Kristus bangkit dan naik ke surga, maka para murid berkumpul dan menantikan pemenuhan janji Kristus yang akan mengutus Roh Kebenaran (Yoh 16: 13). Roh Kebenaran ini adalah Roh Kudus yang turun atas para rasul pada hari Pentakosta (lih. Kis 2:4). Roh Kudus inilah yang mengubah para rasul, dari yang tadinya takut akan orang- orang Yahudi (Yoh 20:19) menjadi berani dalam memberitakan firman Tuhan (lih. Kis 2:14-40; Kis 3, 4, 5, dst). Karunia Roh Kudus menyertai para rasul pada saat mereka mengajar, sehingga mengakibatkan pertobatan banyak orang (lih. Kis 2:41, 47).

Roh Kudus juga mendorong para rasul untuk berbicara dengan hikmat Allah, seperti contohnya kepada Petrus, Yohanes dan Stefanus, sehingga tak seorangpun sanggup melawan hikmat mereka (lih. Kis 4, 6:10, 22:30-dst, Kis 25, 26). Ini merupakan pemenuhan janji Kristus, bahwa akan memberikan Roh Kudus-Nya kepada para rasul-Nya sehingga mereka akan dapat memberikan jawaban atas segala pertanyaan yang ditujukan kepada mereka.

 

Anda Dipanggil dan Diutus!!!

Post Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *