Nyalakan Api Mudamu; Jadilah Tungku Api Kristus

pyd1Pertemuan Orang Muda Katolik se-regio Papua atau Papua Youth Day (PYD) 2019 akhirnya berhasil diselenggarakan untuk pertama kalinya pada tanggal 23-29 Juni 2019. Acara diawali dengan live in pada tanggal 23-25 Juni di paroki-paroki Keuskupan Agung Merauke. Dalam live in inilah orang muda belajar dalam keluarga-keluarga bagaimana membangun kehidupan spiritualitas dan bekerja untuk mencukupi kebutuhan hidup.

Acara puncak bertempat di Kompleks persekolahan Misi Katolik Keuskupan Agung Merauke. PYD perdana ini dihadiri oleh  700-an orang muda dari Keuskupan Timika, Keuskupan Manokwari-Sorong, Keuskupan Jayapura, Keuskupan Agats, dan tuan rumah PYD yaitu Keuskupan Agung Merauke.

pyd4Mengangkat tema “Nyalakan Api Mudamu Jadilah Tungku Api Kristus”, PYD ini diharapkan dapat menjadi pentakosta baru di tanah Papua. Gairah dan rasa syukur perayaan PYD ini sangat terlihat dari mulai pembukaan PYD di tanggal 25 Juni dengan Devile yang bergerak dari Patung Hati Kudus Yesus di daerah Mopah menuju ke Taman Mandala pada pukul 13.00 WIT. Acara pembukaan ini juga dihadiri oleh 3 Uskup, yaitu  Mgr. Jhon Philip Saklil, Pr, Uskup Keuskupan Timika, Mgr. Pius Riana Prapti, Pr, Ketua Komisi Kepemudaan KWI, dan  Mgr. Nicholaus Adi Saputra, MSC, Uskup Keuskupan Agung Merauke dan juga Bupati Boven Digoel Benediktus Tambanob.

Pada saat pembukaan ada beberapa pesan dari Mgr. Pius Riana Prapdi, Pr selaku Ketua Komisi Kepemudaan KWI, beliau berharap agar bukan hanya tanah papua yang terbekati, tetapi semua orang yang tumbuh dan berdiri di tanah Papua dapat menjadi tegak seperti salib Yesus yang melambangkan kemenangan. Mgr. Nicholaus Adi Saputra, MSC, Uskup Keuskupan Agung Merauke juga berpesan bahwa ini adalah saatnya orang muda yang memegang salib Yesus, dan membawa cahaya dalam berkat Tuhan Yesus.

pyd3Moment PYD ini juga merupakan ajang perjumpaan, pengenalan, dan pembangunan relasi antar OMK se-regio Papua, dan diharapkan dapat menjadi wadah yang dapat memberikan ilmu dan pengalaman iman, agar OMK dapat menabur kebaikan, meraih berkat persatuan, persaudaraan, dan cinta kasih.

 

Post Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *