All About Taize

Kisah Tere dan Rendy dalam program Taize

 

Kunjungan Kardinal Tagle

taize20193Hari Jumat (02/08), kami mendapat kunjungan spesial dari Uskup Agung Manila, Kardinal Tagle di Taizé. Setelah makan siang, seluruh relawan Asia diundang audensi dengan beliau. Beliau bangga ada banyak orang muda dari Asia yang menjadi bagian dari Komunitas Taizé. Harapan beliau, semoga kami jadi orang muda yang punya peran yang strategis untuk perkembangan iman umat beriman.

 

Duka di Taize

Komunitas Taizé berduka dengan wafatnya Br. Jack.  Br. Jack wafat di Bangladesh. Beliau dimakamkan hari Sabtu (03/08) di Taizé (depan “Church Village”). Sebelum dimakamkan, Misa Requiem dilaksanakan di Gereja Rekonsiliasi. Banyak umat/peziarah/pengunjung yang hadir dalam Perayaan Ekaristi tersebut sebagai bentuk penghormatan terakhir mereka terhadap karya, dedikasi dan kebaikan beliau.

 

Asian Workshop

taize20191Di hari yang sama pula, sebanyak 6 negara kawasan Asia melaksanakan “Asian Workshop” di Taizé. Negara-negara tersebut terdiri atas Filipina, Indonesia, Thailand, Kamboja, Vietnam, dan China. Kami mengisahkan bagaimana kehidupan kekristenan tumbuh dan berkembang dalam dinamikanya yang dinamis beserta kekhasan budayanya masing-masing. Sebagai orang muda dari Indonesia, kami menceritakan bagaimana perkembangan kehidupan umat kristen di Indonesia yang mayoritasnya adalah muslim tapi mampu berkembang. Bahkan kadangkala tidak mudah karena ada issue SARA. Kami juga mengkisahkan bagaimana kekristenan bisa melebur dalam kehidupan masyarakat yang sangat beragam. Tak lupa, keseruan Tari Maumere menghibur semua peserta yang hadir sebagai penyemarak acara tersebut. Semua serentak dengan spontanitasnya ikut menari sambil berteriak “kiri, kiri, kiri” dan “kanan, kanan, kanan”.

 

Setelah hampir sebulan di Taizé kami sudah berkelana ke berbagai macam pekerjaan yang susah susah gampang dan juga susah atau gampang tetap harus dikerjakan sebaik mungkin dong.

Taize20192Sebut saja 5 point: Cadole, Casa: Meal Tickets, Orlinda, Church, Church Enterances, Picnics, Welcome: Working Grups, El Abiodh Kitchen: Economart dan lain-lain. Masih banyak lagi pekerjaan-pekerjaan lainnya yang siap menanti dan menggemparkan kami setiap hari Sabtu pagi.

 

Nah, begitulah kira-kira kisah yang bisa Trendy bagikan untuk kalian saat ini. Kami bersyukur dan berterima kasih atas kesempatan ini dan masih diberi kondisi fisik yang prima demi tugas-tugas selama di Taizé.

Post Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *