AYD 2017

7th Asian Youth Day 2017

logo-ayd-copy

Apa itu AYD?

Asian Youth Day (AYD) atau hari orang muda asia adalah perjumpaan orang muda Katolik se-Asia. Acara ini diselenggarakan tiap tiga tahunan dan dihadiri kurang lebih seribu sampai tiga ribu OMK perwakilan dari berbagai negara di Asia. Dalam acara inilah berbagai kegiatan menumbuhkan semangat pewartaan dibuat. AYD digagas oleh pembina OMK se-Asia dan disetutuji oleh Federasi Konferensi Uskup-uskup se-Asia (FABC) dibawah kantor komisi Keluarga dan Kerawam bagian kepemudaan.

 

Apa saja acara dalam AYD?

AYD terdiri dari 3 acara besar yakni Day in the Diocese, Days in AYD’s Venue dan Asian Youth Ministers’ Meeting (AYMM)‎.

 

Days in the Dioceses (DITD)

DITD diadakan 3-4 hari dimana peserta AYD tinggal (live in) di keuskupan-keuskupan di Negara tuan rumah. Peserta datang dan langsung dibawa live in di keuskupan-keuskupan yang telah ditentukan untuk DITD. Di keuskupan-keuskupan inilah peserta belajar sekaligus memberikan pengalaman iman. Kedekatan sebagai satu katolik mulai terbangun. Berbagai kegiatan pun semakin menyatukan. Ada perayaan Ekaristi bersama, doa bersama, festival dan lain-lain. Orang Muda hadir dalam realitas kehidupan umat beriman dan merasakan langsung kehidupan saudara-saudarinya di Negara yang berbeda.

 

Days in AYD’s Venue

Acara ini diadakan selama 3 atau 4 hari. Semua Peserta DITD menuju ke satu tempat dimana diselenggarakn AYD. OMK yang tersebar di berbagai keuskupan berkumpul bersama. Disini OMK mengikuti upacara pembukaan dan berbagai kegiatan misalnya sharing, refleksi, festival, Ekaristi, sakramen tobat, devosi, doa, dan lain-lain. Orang muda meneguhkan orang muda. Orang muda berbagi untuk orang muda. Pada acara ini juga akan diumumkan Negara penyelenggara berikutnya.

 

Asian Youth Ministers’ Meeting (AYMM)‎

Acara AYMM diselenggarakan selama 3 hari. Acara ini khusus bagi para Pembina OMK negara-negara Asia. Pesertanya yakni para uskup, pastor, awam yang terlibat dalam komisi kepemudaan tingkat nasional. Dibawah koordinasi Federasi Uskup-uskup se-Asia (FABC) (Kantor Awam dan Keluarga (Office Laity and Family), bagian Kepemudaan (Youth Desk)) membahas evaluasi AYD, dan arah pembinaan OMK se-Asia.

 

AYD pernah diselenggarakan dimana saja?

AYD sudah 6 kali diadakan di negara-negara yang berbeda-beda. Setiap kali pertemuan mengangkat tema yang berbeda. Istimewanya, AYD ke 7 pada tahun 2017 akan diadakan di Indonesia tepatnya di Keuskupan Agung Semarang. Untuk lebih jelasnya berikut ini perjalanan AYD:

  1. Pertama kali diadakan di Keuskupan Hua Hin Thailand tahun 1999 dengan tema  “Asian Youth Journeying with Jesus Towards the Third Millenium” (OMK Asia berjalan bersama Yesus menyonsong Millennium III)
  2. AYD kedua pada tahun 2001 diadakan di Keuskupan Taiwan di kota Taipei, bertema “We are called to Sanctity and Solidarity” (Kita dipanggil kepada Kekudusan dan Solidaritas)
  3. AYD ketiga diadakan di Keuskupan Bangalore, India tahun  2005 dengan tema “Asian Youth for Peace” (OMK Asia Untuk Perdamaian)
  4. AYD keempat tahun 2006 di Keuskupan Hongkong, dengan tema “Asian Youth, Hope of Asian Families” (OMK Asia, Harapan Keluarga-keluarga Asia)
  5. AYD kelima pada tahun 2009 di keuskupan Imus, Filipina dengan tema “YAsia Fiesta: Young Asians Come Together Share the Word, Live the Eucharist” (Pesta OMK Asia: OMK Asia, datanglah bersama-sama, berbagi Sabda, Hayati Ekaristi).
  6. AYD keenam pada tahun 2014 di Keuskupan Daejeon, Korea, bertema “Wake Up Asian Youth! The glory of the Martyrs shines on you” (OMK Asia, Bangunlah, Kemuliaan para martir bersinar atas kalian).
  7. AYD kejuh direncanakan tahun 2017 di Keuskupan Agung Semarang khususnya kota Yogyakarta dan sekitarnya. Tema yang digagas adalah “Asian Youth: Gospel’s Joy of Multiculturalistic Asia” (OMK Asia: Suka cita Injil bagi Asia yang Majemuk).

 

Apa yang kita lakukan sebagai Negara penyelenggara AYD?

Tentu kita bangga dan bahagia menjadi Negara penyelenggara. Maka libatkan diri teman-teman dalam peristiwa ini. Teman-teman bisa terlibat dalam kepanitiaan, membuat acara di keuskupan-keuskupan, mempromokan acara ini dan tidak lupa mendoakan acara AYD 2017 terselenggara dengan lancar. Libatkan diri teman-teman, sekecil apapun tentu akan sangat membantu kelancaran acara ini. SELAMAT DATANG AYD 2017!!!

 


DOA IYD 2016 dan AYD 2017

Allah Bapa Mahakasih, dimuliakanlah nama-Mu di seluruh bumi!

Kami seluruh warga Gereja Katolik Indonesia dan Asia mengucapkan syukur atas segala rencana-Mu yang Indah. Kami berbahagia hidup di Indonesia dengan kekayaan alam serta kemajemukan rakyatnya. Kamo bangga hidup di Asia, tempat para nabi dan agama-agama besar terlahir untuk memuji-Mu. Terlebih lagi ya Bapa, kami bersyukur karena telah Engkau perkenankan menerima Yesus Kristus putera-Mu, yang lahir di tanah Asia untuk menggenapi janji keselamatan-Mu.

Ya Allah Bapa kami,

Gereja Katolik Indonesia Engkau panggil dan utus untuk mewartakan Injil di tengah bangsa yang majemuk ini. Secara khusus, Engkau memanggil dan mengutus Orang Muda Katolik agar menjadi tanda sukacita Injil. Kami mohon berkat-Mu, agar HARI ORANG MUDA se INDONESIA, Indonesian Youth Day 2016 di Keuskupan Manado, serta HARI ORANG MUDA se-ASIA, Asian Youth Day 2017 di Keuskupan Agung Semarang, dapat berlangsung dengan baik dan berbuah sukacita iman bagi kami semua.

Semoga OMK Indonesia semakin menyerupai Kristus,  ‎bangkit dan bergerak menyadari rahmat serta panggilan perutusan-Mu. Berkatilah agar OMK mebjadi tanda kehadiran-Mu yang memberikan harapan, khususnya bagi yang kecil, lemah, miskin, tersinngkir serta terhadap masyarakat yang sedang dirundung berbagai persoalan. Curahkanlah Roh Kudus-Mu, agar di tengah kemajemukan masyarakat, kami dapat menjadi kabar gembira  yang mempersatukan.

Semoga perjumpaan OMK dalam IYD 2016 dan AYD 2017, menjadi sukatita Injil dan persembahan kami demi kemuliaan nama-Mu di bumi Indonesia dan Asia.

Kemuliaan…

Bunda Maria, Bunda para murid Kristus, doakanlah kami. Salam Maria….

Santo Yohanes Paulus II dan para kudus pelindung orang muda, doakanlah kami.

Amin.

35 thoughts on “AYD 2017

    Glorasion

    (Juni 26, 2015 - 09:53)

    klo mau ikut AYD langkahnya gimana? saya dr keuskupan tanjung karang.

      omknet

      (Juni 26, 2015 - 16:41)

      hai glorasion,
      langkahnya akan kami informasikan lebih lanjut melalui web ini dan nanti ada juga web khusus AYD. pendaftaran akan dikoordinasi dan melalui rekomendasi dari komisi kepemudaan keuskupan masing-masing.

      terimakasih perhatiannya.

        Lany

        (Juli 20, 2016 - 15:52)

        saya mau ikut yang AYD 2017 di jogya. bagaimana cara saya mendaftarnya ? saya sudah telp ke KAJ dan paroki domisili saya tapi mereka tidak mengetahui cara daftarnya. Mohon di bantu

    Serina

    (Oktober 20, 2015 - 17:22)

    Boleh tau cara daftar untuk kepanitiaannya gimana? Thankyou

      admin

      (Oktober 27, 2015 - 07:33)

      tunggu ya karena belum dibuka utk pendaftaran volunteernya..

        Yovita

        (November 5, 2015 - 13:33)

        Min, kalau sekarang sudah dibuka belum pendaftaran volunteernya?

          arin

          (Agustus 8, 2016 - 19:37)

          kalo tidak salah, syarat buat jadi volunteer dan buat mendaftar bisa di lihat di instagram asian youth day

    adrianus liah

    (Januari 28, 2016 - 22:42)

    Hai, boleh minta info segera kapan tepatnya akan diselenggarakan? Kami harus bersiap sejak dini. terima kasih

    Ratri Puspita

    (Februari 8, 2016 - 12:40)

    Dear orangmudakatolik.net,
    saya tertarik dan ingin berpartisipasi dalam AYD 2017 sebagai volunteer. Domisili saya di Yogyakarta dan tampaknya hingga 2017 mendatang masih tinggal di Yogyakarta. Apabila pendaftaran volunteer telah dibuka, mohon informasikan kepada saya via e-mail ratri_ad26@yahoo.co.id beserta lampiran volunteer informations form-nya. Terima kasih. Berkah Dalem. GBU. AMDG.

    Maria Febri

    (Februari 10, 2016 - 07:43)

    Kalau mau ikut AYD daftarnya bagaimana ya? terima kasih. Gbu

    Maria Lukita Sari

    (Maret 12, 2016 - 12:27)

    halo. aku tertarik banget nih buat terlibat di AYD. minat banget buat jd panitia ataupun volunteernya. cara daftarnya gimana ya? kebetulan aku juga tinggal di jogja n mobilitas juga gampang. kalau formulir atau pendaftarannya sudah dibuka, tolong segera dishare saja ya, atau bisa kontak saya msari994@gmail.com. saya siap bantu. terimakasih. gbu

    Ndre

    (Maret 15, 2016 - 10:34)

    Shallom admin, Saya daripada Malaysia Ingin bertanya Bagaimana Mahu apply Pas pelawat, dan what the date for this AYD?>

    Tari alvita

    (Maret 20, 2016 - 15:29)

    Saya juga mau bertanya bagaimana cara pendaftaran sebagai volunteer AYDnya? Kalo bisa di share aja ya atau ke email tarialvita@yahoo.com. thank you

    Tari alvita

    (Maret 20, 2016 - 15:30)

    Saya juga mau bertanya bagaimana cara pendaftaran sebagai volunteer AYDnya? Kalo bisa di share secepatnya ya atau ke email tarialvita@yahoo.com. thank you

    admin

    (Maret 24, 2016 - 09:06)

    seputaran AYD. Buka:http://www.asianyouthday.org

    oliv

    (April 6, 2016 - 17:03)

    minat banget min buat ikut acara ini dan jadi volunteernya. Semoga bisa ikutannnn. Amin

    admin

    (April 7, 2016 - 04:41)

    informasi AYD2017 Buka:http://www.asianyouthday.org

    Theresa

    (Mei 3, 2016 - 15:17)

    Halo,

    Saya dan teman saya tertarik nih join untuk bantu2 d kepanitiaan AYD 2017, hubungin nya ke siapa ya?

    Ronnald

    (Juni 20, 2016 - 18:17)

    Saya juga tertarik pengen ikut…AYD

    Pinandhityo

    (Juni 23, 2016 - 19:49)

    Shalom, Saya Pinandhityo asal Jogja dari paroki Pringwulung, saya sudah mendaftar lewat Online, tapi untuk kepastian nama sudah tercantum menjadi volunteer di pusat bagaimana ya? Thx..GodBless

    Jacko

    (Juli 25, 2016 - 15:01)

    Selamat siang, apakah hanya yg beragama katolik yang bisa ikut dalam acara ini? Saya seorang kristen protestan dan ingin mengikuti acara ini jika diperkenankan. Trims

    ratna indriati

    (Agustus 1, 2016 - 04:27)

    Saya tinggal sekitar Jogja rumah kami banyak kamar bisa utk tinggal peserta AYD

    monica caroline

    (Agustus 1, 2016 - 07:08)

    Saya mau ikut berpartisipasi jadi volunteer untuk AYD 2017.Bagaimana cara mendaftarnya? Trims.

    monica caroline

    (Agustus 1, 2016 - 07:10)

    Saya mau ikut berpartisipasi jadi volunteer untuk AYD 2017.Bagaimana cara mendaftarnya? Trims. Saya dari Paroki Kalvari – Lubang Buaya – Bekasi

    Yunike

    (Agustus 6, 2016 - 22:12)

    Syalom, Saya Yunike dari Kupang. Judul skripsi saya mengenai Vatikan, dan saya bukan agama Katolik. Apakah saya bisa applay menjadi Volunteer juga? 🙂 Mohon infonya. Makasih!

    admin

    (Agustus 8, 2016 - 10:49)

    teman2 buka website: http://asianyouthday.org/id/
    terimkasih utk segala atensi dan kebaikkannya

    Robertus Tito

    (Agustus 25, 2016 - 16:26)

    Salam damai Kristus temen-temen panitia AYD 2017.
    Saya RObertus Tito yang beberapa waktu lalu apply untuk menjadi volunteer AYD 2016 namun terlambat mengirimkan narasi (seharusnya terakhir 21 Agustus 2016). Apakah saya masih bisa untuk minta bergabung sebagai volunteer AYD 2017 dengan segala konsekuensinya.

    Trimakasih.
    Berkah Dalem.

      admin

      (Agustus 25, 2016 - 22:51)

      hai robertus… langsung saja kontak ke panitia ya:Untuk kontak langsung dengan sekretariat AYD 2017 silahkan kontak melalui alamat di bawah ini:
      Sekretariat Asian Youth Day 2017.
      Wisma Salam, Pos Salam,
      Magelang 56484, Indonesia
      Phone: +62 0293 588184
      secretariat@asianyouthday.org
      http://www.asianyouthday.org

        pelita sialahi

        (Oktober 6, 2016 - 22:33)

        admin saya pelita dari aceh tapi saat ini saya sedangkuliah semester awal di jakarta , saya sanat ingin bisa ikut AYD untuk menambah wawasan saya dan kelak ketika saya kembalik ke aceh saya dapat menshare ilmu dan pelajaran berharga kepada teman di sana. bagaimana caranya soalnya saya anak rantau ?

    Francisca Petrus

    (Desember 20, 2016 - 12:13)

    Salam damai, saya dari Sabah Malaysia…saya teringin sangat mahu mengikuti AYD 2017 ini…bagaimana saya harus mengikutinya? Terima kasih

      admin

      (Desember 22, 2016 - 11:01)

      Haloo teman dari sabah. segera kontak pengurus kepemudaan di keuskupanmu ya….

    riska simamora

    (Januari 11, 2017 - 10:12)

    selamat pagii,,
    kalau saya mau mengikuti kegiatan ini bagaimana yah?

    F.X.Kobepa

    (April 10, 2017 - 15:58)

    Salam Damai Kristus#
    Saya Fransiskus / OMK Waena Jayapura / Kebetulan Mau Ikut Kegiatan AYD 2017 / Apabila ada kesempatan Saya bisa Masuk dalam kepanitiaan/kebetulan akan update informasi/sya juga pengelola salah satu situs http://www.papualives.com / apabila bisa ,akomodasi dan penginapan selanjutnya tolong di Informasikan ,salam Orang Muda

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *