IYD 2016

Indonesian Youth Day

Manado 2016

logo iyd 2016

Hari Orang Muda Se-Indonesia

Jumlah Orang Muda Katolik (OMK) yang meliputi 60% populasi warga Katolik Indonesia menuntut perhatian serius dari Gereja dan pemerintah dari waktu ke waktu. Mereka meliputi para lajang usia 13–35 tahun yang diharapkan berperan makin besar bagi masa depan Gereja dan Bangsa Indonesia. Melihat jumlah sangat besar ini tentunya memberi harapan yang sangat besar pula Gereja dan bangsa.

Satu bentuk perhatian Gereja terhadap OMK adalah penyelenggaraan acara berupa perjumpaan bagi OMK itu sendiri. Dalam perjumpaan tersebut, OMK dikondisikan untuk dapat melakukan sharing iman dan saling meneguhkan. Melalui sharing iman itu, OMK diharapkan dapat memperoleh inspirasi dan keberanian untuk menjalankan ajaran Kristus dalam hidup mereka sehari-hari.

 

Apa itu IYD

Hari orang muda Se-Indonesia merupakan perjumpaan OMK Se-Indonesia. Di tingkat dunia, perjumpaan OMK dilaksanakan dalam bentuk World Youth Day. Di tingkat regional dilaksanakan Asian Youth Day. Sejumlah keuskupan di Indonesia pun memandang penting perjumpaan OMK itu dan mengadakan acara Diocese Youth Day. Maka berangkat dari refleksi acara WYD dan AYD diadakanlah IYD.

Pertemuan OMK se-Indonesia memiliki arti penting. OMK merupakan kekuatan pendorong (driving force) pada masa sekarang maupun masa datang bagi Gereja dan masyarakat yang memerlukan wawasan nasional. Pertemuan tersebut merupakan peluang untuk membuka perspektif OMK agar menjadi lebih luas daripada lingkup paroki dan keuskupan. Pertemuan itu pun diharapkan mempertebal solidaritas, jejaring dan kesatuan iman katolik bagi OMK seluruh Indonesia.

 

Apa kekhasan IYD?

Konteks OMK di Indonesia sendiri sudah khas. Maka IYD secara khas mengangkat tema-tema khas Indonesia disesuaikan dengan kebutuhan OMK Indonesia. Beberapa tujuan dari acara ini yakni:

  • Kesempatan bagi orang muda katolik untuk berbagi dalam keberagaman.
  • Sarana bagi Gereja Katolik untuk menyatakan pesan Kristus kepada orang-orang muda.
  • Memberikan kesempatan bagi OMK untuk saling mengenal dan mencintai budaya dan adat istiadat Nusantara.
  • Ruang bagi OMK untuk menemukan panggilan di tengah dunia sebagai OMK.
  • Menjadi ruang belajar bagi OMK untuk bersama-sama mengalami universalitas dan kemajemukan di dalam Gereja Katolik dan Bangsa Indonesia, serta pembaharuan iman.
  • IYD merupakan peluang untuk mencapai mutual understanding­-pemahaman satu sama lain tentang situasi, kondisi, posisi, peran yang jika disinergikan dapat menjadi kekuatan bersama OMK dan Gereja Katolik Indonesia.

 

Kapan IYD di selenggarakan?

IYD untuk pertamakalinya diselenggarakan pada 20 – 26 Oktober 2012 di Sanggau Kalimantan Barat. Tema IYD pada tahun 2012 yakni Berakar dan Dibangun dalam Yesus Kristus, Berteguh dalam Iman” (Kol 2:7). Konferensi Waligereja Indonesia memutuskan acara ini diadakan rutin 5 tahunan. Acara selanjutnya rencananya 2017 di Keuskupan Manado tetapi pada tahun yang sama diselenggarakan AYD 2017 maka IYD diajukan pada tahun 2016. IYD 2016 akan diselenggarakan di Keuskupan Manado pada tanggal 1-6 Oktober 2016. Tema: “OMK: Sukacita Injil di Tengah Masyarakat Indonesia yg Majemuk”. Dengan pendasaran dari perikop: “Pergilah, Jadikanlah Semua Bangsa MuridKu” (Matius 28: 19).

 

Apa acaranya?

Kurang lebih acaranya seperti ini: 

Hari 1 Hari 2 Hari 3 Hari 4 Hari 5 Hari 6 Hari 7
Tiba di keuskupan penyelenggara Kegiatan di paroki lokal & rumah umat Kegiatan di rumah umat Menuju tempat acara utama Katekese I Katekese II Penutupan
Celebration
Peserta menuju lokasi live in Pembukaan Acara

 

ANDA OMK? BERSIAPLAH!!!

Informasi lebih lanjut mengenai IYD : http://indonesianyouthday.net

 


DOA IYD 2016 dan AYD 2017

Allah Bapa Mahakasih, dimuliakanlah nama-Mu di seluruh bumi!

Kami seluruh warga Gereja Katolik Indonesia dan Asia mengucapkan syukur atas segala rencana-Mu yang Indah. Kami berbahagia hidup di Indonesia dengan kekayaan alam serta kemajemukan rakyatnya. Kamo bangga hidup di Asia, tempat para nabi dan agama-agama besar terlahir untuk memuji-Mu. Terlebih lagi ya Bapa, kami bersyukur karena telah Engkau perkenankan menerima Yesus Kristus putera-Mu, yang lahir di tanah Asia untuk menggenapi janji keselamatan-Mu.

Ya Allah Bapa kami,

Gereja Katolik Indonesia Engkau panggil dan utus untuk mewartakan Injil di tengah bangsa yang majemuk ini. Secara khusus, Engkau memanggil dan mengutus Orang Muda Katolik agar menjadi tanda sukacita Injil. Kami mohon berkat-Mu, agar HARI ORANG MUDA se INDONESIA, Indonesian Youth Day 2016 di Keuskupan Manado, serta HARI ORANG MUDA se-ASIA, Asian Youth Day 2017 di Keuskupan Agung Semarang, dapat berlangsung dengan baik dan berbuah sukacita iman bagi kami semua.

Semoga OMK Indonesia semakin menyerupai Kristus,  ‎bangkit dan bergerak menyadari rahmat serta panggilan perutusan-Mu. Berkatilah agar OMK mebjadi tanda kehadiran-Mu yang memberikan harapan, khususnya bagi yang kecil, lemah, miskin, tersinngkir serta terhadap masyarakat yang sedang dirundung berbagai persoalan. Curahkanlah Roh Kudus-Mu, agar di tengah kemajemukan masyarakat, kami dapat menjadi kabar gembira  yang mempersatukan.

Semoga perjumpaan OMK dalam IYD 2016 dan AYD 2017, menjadi sukatita Injil dan persembahan kami demi kemuliaan nama-Mu di bumi Indonesia dan Asia.

Kemuliaan…

Bunda Maria, Bunda para murid Kristus, doakanlah kami. Salam Maria….

Santo Yohanes Paulus II dan para kudus pelindung orang muda, doakanlah kami.

Amin.

3 thoughts on “IYD 2016

    brian

    (September 12, 2016 - 22:14)

    Kalau boleh tahu, kira-kira berapa biaya per peserta?

      admin

      (September 13, 2016 - 09:19)

      Brian yang baik, segera kontak ke pengurus komkep keuskupan masing-masing ya karena pendaftaran sebagian besar sudah ditutup di keuskupan2 dan sudah persiapan dan pembekalan peserta. TUhan memberkati

    […] tentu saja) yang diadakan setiap lima tahun sekali.  Informasi selengkapnya terdapat pada  http://orangmudakatolik.net/iyd-2016/ yang penulis akses pada tanggal 5 Juli […]

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *