Keuskupan Agung Jakarta

Ketua Komisi Kepemudaan Keuskupan Agung Jakarta
RD. Albertus Yogo Prasetianto

albertus yogo jakarta

Alamat : Gedung Pastoral, Jl. Katedral No. 7, JAKARTA 10710
Telp : (021) 3519193 ext. 235
Fax : (021) 3855752
Email : alb_yogo@yahoo.co.id

5 thoughts on “Keuskupan Agung Jakarta

    Aurelius Steven

    (November 6, 2015 - 22:49)

    Kalau mau ikut IYD bagaimana caranya? sementara itu saya ialah seorang seminaris menengah di Jakarta.

      admin

      (November 24, 2015 - 06:54)

      Halo Aurelius,

      Untuk mengikuti IYD, silakan hubungi Komisi Kepemudaan Keuskupan Agung Jakarta. Karena peserta sifatnya rombongan per keuskupan, tidak bisa individu, maka silakan hubungi mereka ya. Terimakasih.

      Salam.

    Cyrillus

    (Oktober 12, 2016 - 22:54)

    Selamat malam Keuskupan Agung Jakarta.

    Perkenalkan, saya Cyrillus, 22 tahun, OMK Keuskupan Bandung yang ikut sebagai peserta IYD 2016 di Manado bersama OMK KAJ pula. Dari IYD 2016 tersebut saya sungguh menyadari bahwa peran kaum muda sangat dibutuhkan di tengah masyarakat ataupun gereja.

    Oleh karena itu, izinkan saya menyampaikan aspirasi pribadi tanpa adanya ikatan dari siapapun.

    Sejarah pernah membuktikan bahwa kaum mudalah yang menjadi perantara golongan muda dan tua yang mendesak proklamator untuk memerdekakan Indonesia. Atau kisah lainnya dalam diri Soe Hok Gie, di mana jelas kala itu kaum muda haruslah bergerak di dalam situasi politik.

    Saat ini mungkin dunia politik kurang diminati kaum muda oleh adanya kenyamanan teknologi. Tapi saya sangat yakin bahwa masih banyak kaum muda khususnya kaum muda Katolik yang masih peduli dengan situasi bangsa sekarang.

    Februari 2017 akan dilaksanakan Pilkada 2017 di mana isu hangat di media massa maupun elektronik tertuju pada Pilkada Jakarta. Saya bukanlah suruhan dari siapapun, tapi kegelisahan ini membuat saya ingin memberikan sumbangsih meskipun hanya sebatas ide atau aspirasi, Meskipun secara pribadi saya mendukung salah satu calon, namun saya tegaskan bahwa maksud saya bukanlah untuk mempersuasif agar memilih kepada siapa yang saya dukung.

    Berdasarkan pada prinsip bahwa Kaum Muda khususnya OMK tidak boleh diam, maka saya mempunyai beberapa gagasan yang mungkin sekiranya dapat diimplementasikan. Gereja sebagai wadah yang terbuka dengan umat, terutama Keuskupan Jakarta yang dinilai merupakan pusat keuskupan seluruh Indonesia, saya rasa perlu menjadi penggerak bagi keuskupan lainnya dengan menyadarkan ataupun meningkatkan partisipasi politik misalnya:

    1. Mengkoordinasikan dan mewacanakan dengan seluruh paroki akan pentingnya kesadaran berpolitik entah bisa melalui komunikasi satu arah dari Uskup Agung Jakarta atau siapapun sehingga tingkat Paroki diharapkan merencanakan kegiatan untuk mendukung partisipasi politik.
    2. Tingkat Paroki perlu diadakan diskusi agar bisa mengkomunikasikan dengan wilayah, lingkungan, kategorial, OMK, dan lainnya perihal partisipasi politik. Contoh konkretnya: di dalam grup whatsapp atau sejenisnya ketua wilayah dikordinasikan untuk mengkomunikasikan dengan lingkungan, diskusi selingan sambil membahas kepantiaan Natal dalam waktu dekat ini, memberikan tulisan pentingnya partisipasi politik oleh Seksi Komsos di dalam buletin paroki misalnya, sms terpusat dari paroki ke seluruh umat untuk datang ke TPS (bukan untuk menyudutkan satu calon), dan menjadi pemantik untuk OMK tiap paroki.
    3. OMK tiap paroki lah yang menjadi ujung tombak dari pergerakan ini. Koordinasi dengan seluruh ketua OMK lingkungan, stasi untuk menyebarluaskan informasi partisipasi politik. Contoh konkretnya: membahas di grup media sosial, pembuatan poster atau slogan yang disebarluaskan di tiap grup OMK, pembagian flyer setelah misa, mengadakan seminar, jarkom pengingat H-1 bulan, H-1 minggu, dan H-1 hari pilkada untuk hadir dalam TPS, mengadakan propaganda dan sejenisnya.

    Demikian apirasi saya.
    Mohon maaf apabila terdapat kekurangan.
    Semoga dapat memberikan sumbangsih untuk gereja, masyarakat, dan bangsa,

    Selamat malam.

    David Setiadi

    (Maret 29, 2017 - 06:12)

    Saya ingin menjadi bagian dari komunitas kaum muda mudi Katholik dan ingin di Baptis.

      admin

      (Maret 29, 2017 - 09:01)

      Salam untuk David S,
      David silahkan ke sekretariat paroki dan menanyakan syarat2nya.
      Tuhan memberkati

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *