Keuskupan Agats-Asmat

Ketua Komisi Kepemudaan Keuskupan Agats-Asmat
Rm. Alexander  Lukas Lega Sando Pr

rm lukas agats

Alamat : Keuskupan Agats Kotak Pos 14 Agats 99677
Timika Papua
Telp : (0902) 31183
Email : Rianjempol@gmail.com

Sekilas tentang Komkep Keuskupan Agats

Pendampingan OMK di Keuskupan Agats ditangani langsung oleh Pastor Paroki dan para petugas pastoral yang berada di paroki setempat. Setiap tahun, Komisi Kepemudaan Keuskupan Agats bekerja sama dengan pastor-pastor dari empat wilayah gerejani, mengadakan temu OMK wilayah. Kondisi geografis, sangat memengaruhi transportasi dan komunikasi. Hal ini menjadi salah satu kendala dalam pembinaan di Keuskupan Agats. Namun, sejak terlaksananya Diocese Youth Day (DYD) tahun 2013, OMK di Keuskupan Agats seolah bangkit dan sangat terasa semangatnya.

Pendekatan personal menjadi pilihan metode pembinaan orang muda. Pengetahuan katekese menjadi kunci utama. Keterampilan dalam berbicara, serta menyampaikan atau menjelaskan topik tertentu dalam bahasa setempat juga menjadi hal yang harus dikuasai oleh para pembina. Modul-modul pembinaan yang sederhana, praktis, sangat diperlukan di Keuskupan Agats mengingat kurangnya bahan bacaan yang diperlukan dalam pendampingan. Informasi pun banyak diperoleh hanya melalui internet dan harus melalui banyak penyesuaian dengan kondisi yang ada di Asmat.

Dibutuhkan sumber informasi yang selalu update tentang kepemudaan di seluruh Indonesia sehingga dapat menjadi inspirasi bagi para pendamping di seluruh Indonesia. Pembinaan para pendamping OMK juga harus sering dilakukan di wilayah-wilayah gerejani.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *